KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA KAYU BAWANG KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR

Authors

  • Erna Suriyani Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.35722/pubbis.v4i2.270

Keywords:

Kualitas Pelayanan, kualitas, pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kualitas pelayanan di kantor desa kayu bawang, penulis ingin menjelaskan situasi aktual kualitas layanan di Kantor kelurahan kayu bawang, Kecamatan diperiksa, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kualitatif. Fenomenons kualitas layanan yang diteliti dalam penelitian ini adalah keandalan, responsif, keyakinan, empati, dan nyata.

Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kantor desa kayu bawang masih belum oftimals terutama dalam hal keandalan dan nyata, sementara itu jika dianggap cukup inffcient dalam hal responsivitas, kepastian, empati.. Penulis merekomendasikan untuk melakukan penelitian lebih lanjut pada beberapa faktor yang menyebabkan non oftimality kualitas layanan di kantor desa kayu bawang.

 Kata kunci : Kualitas, Pelayanan

References

Hardiyansyah 2011 Kualitas Pelayanan Publik, Gava Media, Yokyakarta.
Lukman, Sampara.,2000. Manajemen Kualitas Pelayanan, STIA LAN Press, Jakarta.
Moenir, H.A.S, 2002, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia Bumi Aksara, Jakarta.
Raminto & ATIK Septi Winarsih, Manajemen Pelayanan Umum Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter & SPM, Pustaka Pelajar,Yogyakarta.
Rohman, A.A, dkk, 2008, Reformasi Pelayan, Program Sekolah Demokrasi PlaCIDS Averoes Dan KID,Malang.
Surjadi, 2012, Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik, Rilfika Aditama, Bandung.
Saefullah, A, Djadja, 2008. Pemikiran Komteporer Administrasi Publik Perspektif manajemen Sumber daya Manusia dalam Era Desentralisasi, LP3AN FISIP UNPAD. Bandung.
Simambela. L.P, 2008. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi, Bumi Aksara. Jakarta.
Tjiptono, Fandy, 2004. Manajemen Jasa Andi offset, Yokyakarta.
Mahmudi, 2010, Manajemen Kinerja Sektor Publik, Edisi kedua, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yokyakarta.
Peraturan perundang-undangan:
Undang-Undang nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Submitted

2020-07-27

Accepted

2020-09-04

Published

2020-09-14

How to Cite

Suriyani, E. (2020). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA KAYU BAWANG KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR. PubBis : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 4(2), 100–104. https://doi.org/10.35722/pubbis.v4i2.270

Issue

Section

Artikel