INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT H. BADARUDDIN KASIM PADA RUANG PENYAKIT DALAM DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Armiati Armiati Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

Indek kepuasan masyarakat, ikm, pelayanan kesehatan, ruang penyakit dalam, rumah sakit, covid 19, kesehatan, tabalong, RS. Badaruddin Kasim

Abstract

Pelaksanaan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit H. Badaruddin Kasim Pada Ruang Penyakit Dalam Di Masa Pandemi Covid-19 mengalami banyak perubahan, dimana seluruh pasien yang ingin berobat harus memenuhi standar ketentuan yang sudah ditetapkan oleh RSUD H. Badaruddin Kasim Kabupaten Tabalong, baik dari surat keterangan Rapid Tes,Swab antigen, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk meneliti dan menganalisis indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan Rumah Sakit H. Badaruddin Kasim pada ruang penyakit dalam di masa pandemi covid-19. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif secara analitik yaitu mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya, sehingga hanya merupakan penyingkapan fakta. Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang diperoleh baik melalui hasil observasi, dan kuesioner/angket. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.354 orang. Sampel yang diambil berjumlah 103 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang masing-masing unsur pelayanan. Hasil penelitian menunjukan indeks kepuasan masyarakat (IKM) yang menjadi tolak ukur Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit H. Badaruddin Kasim Pada Ruang Penyakit Dalam Di Masa Pandemi Covid-19 dengan nilai 84,81 dengan kategori Sangat Berkualitas

Kata Kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Kesehatan, Ruang Penyakit Dalam

References

DAFTAR PUSTAKA

Adikoesoemo, S. (1997). Manajemen Rumah Sakit (Cetakan ke tiga ed.). Jakarta: Fajar Interpretema.

Ali, M. (2013). Penelitian Prosedur dan Strategis. Bandung: Angkasa.

Hadijah. (2015). Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2015. Jurnal Publikasi Administrasi Publik, 4(3), 43-56.

Ishaq, M. (2013). Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Instalasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit Paru Jember Community Satisfaction Index In Outpatient Installation Pulmonary Hospital Jember. Jurnal Publikasi Online, 3(2), 44-56.

Mahmudi. (2010). Manajemen Kinerja Sekktor Publik. jakarta: STIE YKPN.

Munsil, D. D. (2017). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Poli Jantung Dengan Metode Ipa (Importance Performance Analysis) Di RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2017. Jurnal Admnistrasi Publik, 7(2), 89-98.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Peraturan Menteri Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Otoluwa, M. (2017). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Islam Gorontalo. jurnal Publikasi Administrasi Publik, 4(1), 102-118.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2012). Service Management. Yogyakarta: ANDI.

Wahdaniah. (2015). Indeks Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Publikasi, 3(1), 77-83.

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>