SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN KARTU SIDIK JARI DI SATUAN RESERSE DAN KRIMINAL POLRES BARITO TIMUR

Authors

  • Kismawati Kismawati Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

tingkat pelayanan, kepuasan masyarakat, ikm, indeks, kepuasan, masyarakat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil survey kepuasan masyarakat dalam pembuatan kartu sidik jari yang ada di Polres Barito Timur dan ingin mengetahui faktor apa yang memiliki tingkat tertinggi dalam proses pelayanan pembuatan kartu sidik jari berdasar pada Indeks Kepuasan Masyarakat sesuai dengan KEPMENPAN Nomor 14 Tahun 2017. Tujuan survey kepuasan masyarakat adalah tercapainya tingkat kualitas pelayanan Publik melalui pelibatan masyarakat dalam memberikan evaluasi terhadap penyelenggaraan pelayanan Publik. Karena itu, dokumen hasil survey   kepuasan menjadi alat monitoring dan evaluasi bagi pimpinan penyelenggara pelayanan untuk senantiasa menjadi bahan pengambilan keputusan terkait dengan upaya perbaikan pelayanan kepada masyarakat. Upaya peningkatan pelayanan pembatan kartu sidik jari harus dilaksanakan secara konsisten dengan memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat, sehingga pelayanan pemerintah kepada masyarakaat dapat selalu diberikan secara cepat, terbuka, murah, tepat, sederhana dan mudah dilaksanakan serta tidak diskriminatif. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling dengan jumlah responden sebanyak 110 orang dan jumlah sampel sebanyak 86 orang dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil survey dan analisis yang telah dilakukan maka Kepuasan Masyarakat dalam pembuatan kartu sidik jadi pada Polres Barito Timur memiliki tingkat pelayanan yang baik dengan kategori B. Hasil penelitian ini juga diharapkan bisa membantu memberikan masukan dan dapat berguna sebagai masukan kepada penyedia pelayanan pembuatan kartu sidik jari Polres Barito Timur sehingga dapat meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik lagi.

 Kata kunci : Tingkat Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Indeks Kepuasan Masyarakat

References

DAFTAR PUSTAKA

Arif. (2007). Kualitas Pelayanan. Bandung: Alfabeta.

Damayanti., S. H. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Kantor Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng.

Martono, N. (2015). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Alfabeta.

Napitupulu. (2007). Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Nurmalasyiah. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong.

Sudirun., J. A. (2020). Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian Dilihat Dari Aspek Tangible Pada Kantor Kepolisian Murung Pudak Kabupaten Tabalong.

Sumarni, M. (2002). Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Sumino, S. (2017). Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Polisi Sektor Bawang Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Riset Manajemen STIE Widya Wiwaha .

Supranto. (2011). Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Tjiptono. (2005). Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Tresiya., D. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kenyamanan Terhadap kepuasa Konsumen Pada Perusahaan Jasa Ojek Online Go-Jek Di Kota Kediri.

KEPMENPAN Nomor 63 Tahun 2004 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

KEPMENPAN Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>