SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANANPERPANJANGAN SIM C SELAMA PANDEMI COVID-19 DIKANTOR SATUAN LALU LINTAS POLRES BARITO TIMUR

Authors

  • Finarsih Finarsih Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kepuasan masyarakat, skm, survei, pelayanan, indeks kepuasan, polri, barito timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan masayarakat terhadap Pelayanan perpanjangan SIM C di Polres Bartim. Subjek penelitian yang digunakan adalah masyarakat yang mendapatkan pelayanan dalam pembuatan SIM C Polres Barito Timur yang berjumlah 100 orang. Taktik survei di bagi menjadi tiga karakteristik yaitu dari jenis kelamin , usia, dan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan dari 100 responden per karakter diketahui  kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam pelayanan penerbitan SIM di Polres Barito Timur mempuanyai hasil nilai NRR perunsur dimana untuk unsur pesyaratan dengan NRR 3,22 kategori Sangat Baik, unsur Prosedur dengan NRR 3,38 kategori Sangat Baik, unsur waktu pelayanan dengan NRR 3,79 kategori Sangat Baik, unsur  biaya/tarif 3,42 kategori Sangat baik, unsur produk spesifikasi jenis pelayanan dengan NRR 3,37 kategori Sangat baik , unsur kompetensi pelaksana dengan NRR 3,53% kategori Sangat baik, unsur Perilaku pelaksana dengan NRR 3.34 kategori Sangat Baik, unsur pengaduan dengan NRR 3,16 kategori Sangat Baik dan unsur sarana Prasarana dengan NRR 3,29% kategori Sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diartikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam pembuatan SIM C di Polres Barito Timur  adalah Sangat baik dengan indeks kepuasan 83,87%.

Kata Kunci: Kepuasan Masyarakat, Pelayanan, IndeksKepuasan

References

DAFTAR PUSTAKA
Alfiansyahrin, M. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Public di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.
Andri, I. K. (2017). Pengukuran Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemerintahan Kecamatan Ketapang Kabupaten Bandung.
Andy Fefta Wijaya, O. R. (2014). Manajemen Publik Teori dan Praktik. Malang: Universitas Brawijaya.
Arfan. (2015). Analisis Kinerja Pelayanan Publik Pengurusan Surat Izin Mengemudi Berbasis Teknologi Informasi. Surabaya: Unair.
Erfiani. (2020). analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada mobil unit pelayanan sim keliling di kota pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Terbuka.
Eva Hany Fanida, K. F. (2019). survei kepuasan masyarakat dalam pelayanan pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (skck) online di polresta sidoarjo. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan. Bandung: Alfabeta.
Kusumawardani, I. P. (2014). Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A,B,C, dan D.
Mendrofa, C. P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) Pada Satuan Lalu Lintas Polresta Gunung Sitoli.
Mujiyanto. (2010). Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2009). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>