PERAN KEPALA DINAS KOPERASI DAN UKM DILIHAT DARI ASPEK FASILITATOR DALAM MEMBERDAYAKAN USAHA KECIL MENENGAH DI KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Akhmad Rizal Fahlipi Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Wahyu Subadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

peran, aspek fasilitator, ukm, usaha kecil menengah

Abstract

Penelitian tentang peran Kepala Dinas Koperasi dan UKM dilihat dari aspek fasilitator dalam memberdayakan usaha kecil menengah di Kabupaten Tabalong penting untuk dilakukan, karena untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana peran Kepala Dinas Koperasi Dan UKM dalam memberdayakan usaha kecil menengah di Kabupaten Tabalong. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif secara analitik yaitu mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya, sehingga hanya merupakan penyingkapan fakta. Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang diperoleh baik melalui hasil observasi, dan kuesioner/angket. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 orang. Sampel yang diambil berjumlah 52 orang. Teknik analisa dalam penelitian ini dideskripsikan dengan cara menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran Kepala Dinas Koperasi dan UKM dilihat dari aspek fasilitator dalam memberdayakan usaha kecil menengah di Kabupaten Tabalong yang terdiri dari upaya mempermudah penggalian potensi, masalah, gagasan, menciptakan kemandirian UMKM, memberikan pengetahuan dan kelayakan dalam mengelola usaha, dan menjembatani UMKM dalam rangka mengenalkan produk skor berjumlah 63,46% dengan pembulatan menjadi 63% sehingga termasuk pada kategori Berperan

Kata Kunci : Peran, Aspek Fasilitator, Usaha Kecil Menengah

References

DAFTAR PUSTAKA

Ali, M. (1998). Penelitian Prosedur dan Strategis. Bandung: Angkasa.
Anoraga, P. (2010). Ekonomi Islam Kajian Makro dan Mikro. Yogyakarta: PT. Dwi Chandra Wacana.
Fatimah. (2011). peranan koperasi dalam mendukung permodalan Usaha Kecil Dan Mikro (UKM). Jurnal Administasi Publik, 10(2), 127.
Florita, A. (2018). pembinaan usaha mikro, kecil, dan menengah oleh Dinas Koperasi Dan Umkm Kota Padang. Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 143.
Mulyadi, N. (2013). Perlaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Nur, D. S. (2017). peran Dinas Koperasi Dan UKM dalam pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Publik, 5(2), 5844.
Partomo, T. S. (2002). Ekonomi Skala Kecil Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pertiwi, H. K. (2013). peranan Dinas Koperasi Dan UKM dalam pemberdayaan usaha kecil menengah Kota Malang (Studi pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(2), 213.
Rahmana, A. (2009). Peranan Tekhnologi Informasi dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Yogyakarta: SNATI.
Rosmiati. (2012). analisis program bantuan modal kredit usaha penguatan ekonomi masyarakat (KUPEM) oleh Pemerintah Kota Jambi terhadap pengembangan usaha mikro kecil dan menengah Di Kota Jambi. Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 23.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tambunan, T. T. (2009). UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.
Theresia, A., & Krishna, A. (2017). Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Alfabeta.
Zakub, H. (2012). Menuju Keberhasilan, Manajemen dan Kepemimpinan. Bandung: CV Diponegoro.

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>