SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) TERHADAP PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) PADA SATLANTAS POLRES BARITO SELATAN

Authors

  • Debi Eriyanti Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

survei kepuasan masyarakat, skm, pelayanan, surat izin mengemudi, sim, barito selatan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Terhadap Pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) pada Satlantas Polres Barito Selatan. Berdasarkan perhitungan diatas dapat diketahui nilai indeks unit pelayanan pembuatan SIM di Polres Barito Selatan. Nilai interval konversi 76,61 – 88,30 dinyatakan baik dari hasil perhitungan nilai SKM setelah dikonversi yaitu 83,435. Secara keseluruhan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Terhadap Pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) pada Satlantas Polres Barito Selatan dapat dikatakan dalam kondisi baik. Perlu di garis bawahi bahwa kualitas pelayanan masih harus ditingkatkan lagi, khususnya bagian Pelayanan SIM, karena masih ada beberapa indikator yang indeksnya menunjukan kinerja kurang baik dan tidak baik. Dari 9 indikator yang diteliti di bagian pembuatan SIM, 2 indikator dengan katagori pelayanan yang sangat baik dan mampu memuaskan penggunaan jasa di pembuatan SIM, 3 indikator yang dikatakan baik, dan 4 indikator lagi masuk dalam katagori kurang baik sehingga perlu adanya pembenahan dalam hal pelayanan.  Adapun 9 indikator yang masuk dalam katagori sangat baik dan baik adalah Persyaratan; system mekanisme dan prosedur; Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan; dan Sarana dan prasarana. Adapun 4 indikator dalam katagori kurang baik adalah: Waktu Penyelesaian; Kompetensi Pelaksana; Perilaku Pelaksana; Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan; dan Biaya/Tarif.

Kata Kunci: Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Pelayanan, Surat Izin Mengemudi (SIM).

References

DAFTAR PUSTAKA
Afrilla, D. (2016). Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Di Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kota Tanjung Pinang.
Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Heldawati. (2019). Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dalam Pelayanan SIM Pada Satlantas Polres Dumai.
Hidayati, N. M. (2014). Indeks Efektivitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Dalam Perspektif Pengguna Pelayanan Di Kepolisian Resort Mojokerto.
Kusumawardani, I. (2014). Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A,B,C dan D Melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jombang.
Lembang, C. S. (2017). Pelaksanaan Pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Di Wilayah Hukum Polres Tana Toraja Untuk Mewujudkan Pelayanan Publik Yang Optimal.
Sinambela, L. P. (2011). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sirajuddin, D. (2012). Hukum Pelayanan Publik. Malang: Setara Press.
Winarsih, S. (2012). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
KEPMENPAN Nomor 63 Tahun 2004 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
KEPMENPAN Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>