KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN USAHA DILIHAT DARI ASPEK TANGIBLE (SARANA PRASARANA) PADA KANTOR KELURAHAN JANGKUNG KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Nor Halisa Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Syahrani Syahrani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kualitas, pelayanan, pembuatan surat keterangan usaha, usaha, tabalong

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Usaha Dilihat Dari Aspek Tangible (Sarana Prasarana) Pada Kantor Kelurahan Jangkung Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Pendekatan penelitian dan jenis penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber daya yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer, yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.sedangkan teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif model interaktif yang dikemukakan oleh miles, huberman dan saldan (2014). Aktivitas dalam analisa data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus hingga tuntas, sehingga datanya sudah jenuh.  Teknik dalam pengumpulan data ini melalui proses (1) Wawancara; (2) Observasi; dan (3) Dokumentasi.  Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Dilihat Dari Aspek Tangible (Sarana Prasarana) Pada Kantor Kelurahan Jangkung Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong dikategorikan Cukup Berkualitas.

Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Pembuatan Surat Keterangan Usaha

References

DAFTAR PUSTAKA
Ainur, A. R. (2010). Reformasi Pelayanan Publik. Malang: Averroes.
Berry, Z. P. (1990). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Gamal, M. S. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan di Kantor Kelurahan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Katalogis Volume 6 Nomor 2, 6, 162-171.
Harbani, P. (2012). Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Harbani, P. (2017). Teori Administrasi Publik. Makassar: Alfabeta.
Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik (Revisi ed.). Yogyakarta: Gava Media.
Kurniawan, A. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.
Marande, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Jurnal Ilmiah Administratie, 8.
Moenir, T. (2007). Manajemen Publik. Jakarta: PT. Grasindo.
Norisa. (2015). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Gunung sari Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jurnal Administrasi Publik , 1, 156-167.
Risnawati, E. (2020). Kualitas Pelayanan Publik di Kelurahan Alalak Selatan Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Jurnal Kualitas Pelayanan Publik.
Saldana, M. H. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3 ed). USA Sage Publications: Ui Press.
Sedamayanti. (2013). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Susila, L. N. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Kantor Kelurahan Jagalan Kecamatan Jebres Kota Surakata. Journal of Roral and Development Volume 1 Nomor 1, 1.

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>