EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) BIDANG KESEHATAN DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Authors

  • Elok Kumala Afeline Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

efektivitas, PKH, kemiskinan

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah serius pada suatu daerah, kondisi ini di tandai dengan rendahnya pendapatan untuk memenuhi kebutuhan pokok  yang berdampak pada  strandar kesehatan masyarakat di daerah. Sejak tahun 2007 Pemerintah berupaya membantu dengan memberikan bantuan tunai bersyarat (BTB) dikenal dengan nama Program Keluarga Harapan (PKH). Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui bagaimana efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) bidang kesehatan dalam penanggulangan kemiskinan di Desa Tewah Pupuh Kecamatan Benua Lima Kabupaten Barito Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus yang menempatkan sesuatu atau objek yang diteliti sebagai kasus. Dengan pendekatan penelitian yaitu penelitian deskriptif, karena penelitian dilakukan untuk menggambarkan fakta sebagaimana adanya dan berdasarkan data terhadap efektivitas PKH bidang kesehatan dalam penanggulangan kemiskinan di desa Tewah Pupuh Kecamatan Benua Lima Kabupaten Barito Timur. Pengumpulan data penelitian diperoleh dari melakukan wawancara terhadap 5 orang informan dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif yaitu pengumpulan data, kondensi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dari wawancara kepada informan dan pembahasan dari hasil penelitian di Desa Tewah Pupuh Kecamatan Benua Lima Kabupaten Barito Timur. Hasil dari Penilitian ini dapat di simpulkan bahwa Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Bidang Kesehatan Dalam Penanggulangan Kemiskinan di Desa Tewah Pupuh Kecamatan Benua Lima Kabupaten Barito Timur di kategorikan cukup efektif.

Kata Kunci : Efektivitas, Program Keluarga Harapan (PKH), Penanggulangan Kemiskinan

References

DAFTAR PUSTAKA

Ariloka, P. (Ed.). (2000). Undang Undang Nomor 23 Tahun 1992. Tentang Kesehatan.
Beni, S., & Manggu, B. (2020). Efektivitas Program Keluarga Harapan Dalam Penanggulangan Kemiskinan di Perbatasan. (Studi Kasus Kecamatan Jagoi Babang Kab. Bengkayang Kalimantan Barat).
Budiani, & Wayan, N. (2007). Efektivitas Program Penanggulangan Karang Taruna "Eka Taruna Bhakti" Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Kota Denpasar.
Diana, R. (2018). Analisis Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Pengurangan Kemiskinan Dalam Prespektif Ekonomi Islam. (Studi Pada Desa Kota Jawa Kecamatan Way Khilau).
Effendy. (1989:14). Retrieved from https://123.com: https://123dok/document/q27egojy-tinjauan pustaka-effendy-mendefinisikan-efektivitas-berikut-komu-nikasi.html
Ekardo, A., Firdaus, & Elfeni, N. (2014). Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan di Nagari Lagan Hilir, Kab. Pesisir Selatan.
Infitah, N., Sukidin, & Hartanto, W. (2018). Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Di Desa Sumber Kejayan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember.
Miles, Huberman, M., & Saldana, A. J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. Usa: Terjemahan Tjeptjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Nugroho, & Heru. (1995). Kemiskinan, Ketimpangan dan Kesenjangan. Aditya Media. Yogyakrta.
Peraturan Mentri Sosial Nomor 1 Tahun 2018. (Tentang Keluarga Harapan (PKH)). Jakarta.
Sutrisno. (2007). Manajemen Keuangan: Teori. Konsep dan Aplikasi.
Utomo, D., Hakim, A., & Ribawanto, H. (2013). Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Rumah Tangga Miskin.
Yulianto, & Budianto, N. A. (2018). Bab III metode Penelitian -Jurusan Akutansi Poliban. Retrieved from https://perpustakaan.akutansipoliban.ac.id

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>