EVALUASI PELAKSANAAN PRORGAM KELUARGA HARAPAN (PKH) BIDANG PENDIDIKAN DI DESA LUMBANG KECAMATAN MUARA UYA KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Herliani Herliani Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

evaluasi, program keluarga harapan, pkh, bidang pendidikan

Abstract

Salah satu kebijakan sosial yang dikembangkan oleh pemerintah sebagai upaya penanggulangan kemiskinan adalah Program Keluarga Harapan (PKH) yaitu Program Perlindungan Sosial melalui pemberian uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) atau Keluarga Sangat Miskin (KSM), selama keluarga tersebut memenuhi kewajibannya. Tujuan utama dari Program Keluarga Harapan (PKH) ini adalah mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan sumber daya manusia terutama kelompok masyarakat miskin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis evaluasi pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) bidang Pendidikan. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 responden Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) bidang pendidikan di Desa Lumbang Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner (Angket), Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Distribusi frekuensi persentase (Muhammad Ali) digunakan untuk menganalisis data penelitian. Metode analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis sederhana menurut Muhammad Ali (1998) dengan menggunakan presentasi (%) dan kemudian data diperoleh dari responden di analisis atau diolah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Evaluasi pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) bidang pendidikan di Desa Lumbang Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong dikategorikan Cukup Berhasil dengan persentase 44,09%.

Kata Kunci: Evaluasi, Program Keluarga Harapan (PKH), Bidang Pendidikan

References

DAFTAR PUSTAKA
Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ali, Muhammad. (1985). Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Pulblik. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.
Emma Vito Susilo, Djoko Suyono. (2017). Evaluasi Pelaksanaan program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Kertasinduyasa Kecamatan Jatibaraang Kabupaten Brebes. Jurnal Administrasi Publik (JAP).
Hendri. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dibidang Pendidikan di Kelurahan Tegal Sari Mandala II Medan Denai : Jurnal Administrasi Publik (JAP). Restianti, Ayu, 2017, Evaluasi pelayanan kesehatan dan pendidikan Program Keluarga Harapan (PKH). Jurnal Ilmu Administrasi Publik .
Hisyam Zaini, dkk. (2008). Tujuan dan Fungsi Evaluasi Teknik Evaluasi. Jakarta: Grasindo.
Husni, H.S. (2010). Evaluasi Pengendalian Sistem Informasi Penjualan. Jakarta: Islamic of University Indonesia.
Martono, Nanang. (2015). Metode Penelitian Sosial: Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Moleong, Lexy J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pasolong, ?Harbani. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung: CV. Alfabeta.???
Pasolong?, ?Harbani. (2016). Metode Penelitian Publik. Bandung: CV. Alfabeta.???
Peraturan Menteri sosial Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan. (2018). Jakarta.
Peraturan Presiden RI Nomor 166 tahun 2014 tentang Program Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. (2014). Jakarta.Razali, Muhammad Taufik. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam pengentasan Kemiskinan di Desa Sungai Asam Kecamatan Belat Kabupaten Karimun. Jurnal Kemunting. Universitas Karimun.
Restianti, Ayu. (2017). Evaluasi Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan Program Keluarga Harapan (PKH). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Tangkilisan, Hessel Nogi S. (2003). Evaluasi Kebijakan Publik: Penjelasan, Analisa Dan Transformasi Pikiran Nagel. Jakarta: Balairung.
Tim Dosen. (2021). Pedoman Penulisan Skripsi Administrasi Publik. Tabalong: Komplek Stadion Olahraga Sarabakawa Pembataan: Stia Tabalong.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta.
Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. (2004). Jakarta.
Utomo, Bimo Prio. (2016). Evaluasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Lamandau: Jurnal Administrasi Publik (JAP). Jurnal Ilmu Adiministrasi Negara.
Wiratna, Sujarweni V. (2014). Metodologi Penelitian : Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>