PENDATAAN & PENETAPAN CALON PENERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA (BLT-DD) DI DESA ARGO MULYO KECAMATAN BINTANG ARA KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Anita Wulandari Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Lilis Suryani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

mekanisme, bantuan, langsung tundai, dana desa, blt-dd

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Proses Mekanisme Pendataan Calon Penerima Bantuan BLT-DD di desa Argo Mulyo, metode yang digunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan sebanyak 12 orang dengan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data  yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis mengunakan model interaktif dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Tidak ada di terbitkan SK namun diawali dengan musyawarah penunjukkan Tim pendata selanjutnya di keluarkan surat tugas dari kepala Desa. .Pendataan ada dua cara yaitu: Tim ke RT dan RT yang mengusulkan melalui BPD. Kriteria yang diusulkan meliputi berpenghasilan tidak tetap, sudah tidak bekerja, janda-janda tua, janda punya tanggungan, miskin, sakit fisik (cacat), sakit struk, kemudian juga janda yang sudah tua tidak mampu bekerja lagi secara fisik, sedangkan dari semua kreteria yang lebih di prioritaskan adalah para lansia yang sudah tua dan secara fisik sudah tidak produktif lagi. Semua usulan di bicarakan dalam Musdesus sekaligus melakukan verifikasi, validasi dan tabulasi. Nama calon penerima BLT-DD yang sudah di rangking dan di sepakati di buat daftar dan di tandatangani oleh Kepala Desa dan BPD. Publikasi daftar tidak dilakukan  hanya di kirimkan kepada Camat dan Bupati.

Kata Kunci : Mekanisme Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD)

References

DAFTAR PUSTAKA
Anggara, S. (2014). Kebijakan Publik. Bandung: Pustaka Setia.
Wulandari, R. M. (2021). Efektivitas Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Bagi Masyarakat Miskin Terkena Dampak Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 5228-5234.
Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif,. Jakarta: Bumi Aksara.
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pranada Media Group.
Fathul Khoiriyah, L. o. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Bantuan Sosial Dari Pemerintah Terhadap Masyarakat Terdampak Covid-19 Di Desa Gendongarum Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro . 15(Efektivitas: bantuan sosial : covid-19).
Harbani, P. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Hendriyani, E. (04 November, 2015). "Problematika dalam Implementasi Kebijakan Publik". Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, Vol 01, No 04.
Herdiana, D. ( Agustus:2020). "Pengawasan Kolaboratif Dalam Pelaksanaan Kebijakan Bantuan Sosial Terdampak Covid-19". Jurnal Dinamika Pemerintahan, Vol 03, No 02.
Ibrahim, A. (2007). Pokok-Pokok Administrasi Publik dan Implementasinya,. Bandung: Adimata.
Leo Agustino, P. (2016). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: ALFABETA, cv.
Lexy.J.Meleong. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Miles Matthew B, H. d. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcevook, Edition 3. USA: Sage Publications: Terjemahan Tjejep Rohindi, UI-Press.
Muda, I. (2017). Analisis Kebijakan Publik. Medan: Media Persada.
Mufida, A. (2020). "Polemik Pemberian Bantuan Sosial di Tengah Pandemic Covid-19". Jurnal ADALAH, Vol 04, No 01.
Mulyadi, D. (2015). Studi Kebijakan Pelayanan Publik. Bandung: ALFABETA.
Mulyadi, D. (2016). Studi Kebijakan Publik & Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.
Nafida Arumdani, S. N. (2021). Efektivitas Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) Di Desa Mojoruntut Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. View of Efektivitas Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) Di Desa Mojoruntut Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo, 2(efektivitas: BLT: dana desa), 5.
P.Siagian, S. (2002). Kepemimpinan dan Organisasi & Perilaku Administrasi. Jakarta: Penerbit Hunung Agung.
Pasolong, H. (2017). Teori Administarsi Publik. Bandung: Alfabeta.
Rezki, N. R. (2020). "Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisivasi Penyebaran Virus Corona Covid-19". Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, Vol 07, No 03.
Sahdan, G. (2004). Kemiskinan Desa, Menanggulangi Kemiskinan Desa, Jurusan Ilmu Pemerintahan, STPMD APMD . Yogyakarta.
Selviana Akib, d. R. (2016). Bantuan Langsung Tunai. Jurnal Equilibrium, III.
Sogiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifi dan R&D;. Bandung : CV Alfabeta Hal 231.
Suntoro, I., & Hariri, H. (2015). Kebijakan Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sutabari, T. (2005). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi.
Tahir, A. (2014). Kabijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Bandung: Alvabeta.
Wildan Rahmansyah, R. A. (2020). "Pemetaan Permasalahan Penyaluran Bantuan Sosial Untuk Penagganan Covid-19 di Indonesia". Jurnal Pajak dan Keuangan Negara, Vol II, No 01.
Winarno, B. (2008). Kebijakan Publik Teori dan Proses. Jakarta: PT Buku Kita.

REGULASI :
Undang-undang Dasar 1945, pasal 28C Kebutuhan, pasal 28H Dasar, kesejahteraan lahir batin, tempat tinggal dan pelayanan kesehatan, pendidikan pasal 31 dan jaminan sosial pasal 34.
Undang-undang no 2 tahun 2020 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang-undang Nomor 1 tahun 2020 tentang kebijakan keuangan Negara dan stabilitas sistem keuangan untuk penanganan pandemic Corona Virus Disease (Covid-19) dan\atau dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan\atau stabilitas sistem keuangan menjadi undang-undang
Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa yang diantaranya terkait penyediaan Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-Dana Desa).
Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan COVID-19 Di Desa Melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa
Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 11 tahun 2020 tentang penetapan kedaruratan kesehatan. Implementasi kebijakan tersebut tertuang kedalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2020 Tentang Perubahan Kedua Atas PMK No 205/PMK.07/2019 Tentang Pengelolaan Dana Desa Pengelolaan Dana Desa
Buku Pedoman Panduan Pendataan Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD) Juni 2020,

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>