SURVEI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PADA PUSKESMAS WIRANG (Studi Bagian Kartu Pendaftaran)

Authors

  • Suyanto Suyanto Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Siti Arbayah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

survei, tingkat kepuasan masyarakat, indeks kepuasan masyarakat, ikm

Abstract

Kepuasan (satisfaction) adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang telah dipersepsikan produk (atau hasil) terhadap ekspektasi mereka. Jika kinerja gagal memenuhi ekspektasi, pelanggan akan tidak puas. Jika kinerja sesuai dengan ekspektasi, pelanggan akan puas. Jika kinerja melebihi ekspektasi, pelanggan akan sangat puas atau senang. pelayanan adalah segala bentuk kegiatan pelayanan dalam bentuk barang atau jasa dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat pada Puskesmas Wirang di bagian kartu pendaftaran. Dalam penelitian ini sampel yang diambil secara accidental sampling, yaitu masyarakat atau pasien yang datang berurusan selama masa penelitian dan mengambil sampel pada siapa saja yang ditemui tanpa perencanaan sebelumnya. Teknik untuk mengetahui besaran sampel responden dan populasi, peneliti menggunakan tabel sampel dari Krejcie and Morgan yaitu apabila jumlah Populasi (N) 210 maka jumlah Sampel (n) 136. Peneliti menggunakan jumlah responden berdasar jumlah kunjungan pasien Mei 2021 yaitu sebanyak Populasi (N) 214 maka Jumlah Sampel (n) 136 responden,  kuesioner merupakan instrumen utama untuk mengumpulkan data, dokumentasi dan observasi diperoleh dari lokasi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di bagian kartu pendaftaran Puskesmas Wirang Kecamatan Haruai dengan nilai indeks kepuasan masyarakat dapat dikategorikan Baik.

Kata kunci : Survei Tingkat Kepuasan Masyarakat, Indeks Kepuasan Masyarakat

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S., 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinneka Cipta.
Azzahrah, F., Adian, Y.A.P. & Budiarto, W., 2020. Mobile E-Health Satisfaction Analysis based on End User Computing Satisfaction Method (Study in 4 Primary Healthcare Centers in Surabaya). Jurnal Kesehatan, 11(3), pp.395-403.
Kuntoro, Wahyu; Istiono, Wahyudi, 2017. Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Kesehatan Vokasional, 2(1), pp.140-47.
Nurul Balqis Shofiana dkk., 2019. Analisis Proses Pelayanan Pendaftaran Pasien. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-jurnal), 7(1), pp.106-12.
Pasolong, H., 2017. Teori Administarsi Publik. Bandung: Alfabeta.
Pebrianti, T. & Porwani, S., 2017. PERSEPSI KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN PETUGAS DI BAGIAN PENDAFTARAN PADA PUSKESMAS SEMATANG BORANG PALEMBANG. JURNAL ILMIAH EKONOMI GLOBAL MASA KINI, 8(02), pp.18-25.
Ratminto & Winarsih, A.S., 2013. Manajemen Pelayanan, disertai dengan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santosa, P., 2009. Adimnistrsi Publik: Teori dan Aplikasi Good Goverrnance. bandung: Refika Asitama.
Sedarmayanti, 2010. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar.
Sellang, Kamarudding, 2016. Administrai Teori dan Aplikasinyadan Pelayanan Publik Antara. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Sri Porwani, Dewi Roza Septiyani, 2019. HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI BAGIAN PENDAFTARAN. Jurnal Adminika, 5(1), pp.61-81.
Sugiono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>