PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER GOODS DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2015-2019

Authors

  • Khairatun Nisa Program Studi Administrasi Bisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Indriati Sumarni Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return Saham, GSCA

Abstract

Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2019. Kinerja keuangan akan menentukan tinggi rendahnya harga saham dipasar modal, return saham juga ditentukan oleh kinerja keuangan perusahaan apabila kinerja keuangan perusahaan menunjukkan prospek yang baik, maka sahamnya akan diminati investor dan harganya meningkat. Rasio kinerja keuangan yang digunakan diantaranya dalah Current Ratio dan Debt to Equity Ratio. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui apakah Kinerja Keuangan Berpengaruh Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2019.  2. Untuk mengetahui besarnya Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2019. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluru perusahaan sub sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan teknik pengambilan sampel menggunakan porpusive sampling sebanyak 75 sampel perusahaan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja keuangan berpengaruh terhadap return saham pada perusahaan sektor consumer goods di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015-2019. Besarnya pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Return Saham adalah sebesar 57,9% dan sisanya sebesar 42,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar dari variabel yang diteliti.

Kata Kunci : Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return Saham, GSCA

References

Augusty Ferdinand. (2011). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi 3, AGF Books, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.
Barlian. (2003). Manajemen Keuangan. Jakarta: Literata Lintas Media
Erik, S., & Lailatul, A. (2016). Pengaruh Kinerja Keuangan dan ukuran perusahaan terhadap return saham. Ilmu dan Riset Akuntansi .
Harahap, Sofyan Syafri. (2010). Analisa Kritis atas Laporan Keuangan. Cet 11. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada
Ida Ayu Nyoman Yuliastuti, K. W. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Income Smoothing terhadap return saham pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Jogiyanto, (2014). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Edisi ke 10). Yogyakarta :BPFE.
Kasmir, (2014). Analisis Laporan Keuangan, cetakan ke-7. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Lloyd, Bruce. (1976). The Role of Capital Market in Developing Countries. Spring: The Moorgate and Wall Street
Martono,Nanang. (2015) .Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Munawir, S. (2012). Analisis Informasi Keuangan, Liberty, Yogyakarta.
Solimun, Nurjannah, Amaliana, L., & Fernandes, A. A. (2019). Metode Statistika Multivariat Generalized Structured Component Analysis (GSCA) Pemodelan Persamaan Struktural (SEM).
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

INTERNET
http://www.idx.co.id diakses pada 01 Juni 2021
http://www.britama.com diakses pada 21 Juli 2021
http://id.investing.com diakses pada 21 Juli 2021
https://cepagram.com/index.php/2020/10/03/infosaham-daftar-saham-consumer-goods-2020/ diakses pada 21 Juli 2021

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>