PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA LABORATORIUM PENGUJIAN PT.ADARO INDONESIA SITE WARA KM 67 DAN KELANIS KM 0

Authors

  • Janawati Janawati Program Studi Administrasi Bisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

pengaruh, disiplin kerja, disiplin, kinerja, karyawan

Abstract

Coal Product QAQC & Lab Department bergerak dibidang Laboratorium Pengujian Batubara, Air, Tanah dan Batuan. Berdasarkan data Pinger Print disiplin karyawan ada yang sudah baik, tetapi ada juga ditemukan karyawan yang kurang disiplin, seperti datang terlambat, pulang kerja lebih awal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dan seberapa besar pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Laboratorium Pengujian PT.Adaro Indonesia Site Wara Km 67 dan Kelanis Km 0. Dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jumlah sampel yang dijadikan objek penelitian sebanyak 32 orang yang diambil dari keseluruhan karyawan di Laboratorium Pengujian PT.Adaro Indonesia Site Wara Km 67 dan Kelanis Km 0. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dokumentasi dan observasi. Teknik Sampling yang digunakan dalam teknik analisa data penelitian ini adalah sampling jenuh. Kuesioner merupakan instrument utama dalam pengumpulan data dan analisis data menggunakan program uji analisis hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Laboratorium Pengujian PT.Adaro Indonesia Site Wara Km 67 dan kelanis Km 0. Besarnya nilai AFIT sebesar 0,559 besarnya pengaruh 55,9% sisanya 44,1% dipengaruhi oleh variabel yang di uji.

Kata kunci: Pengaruh, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan

References

Rivai, V. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suharyanto, Hardianus, Hadna, & Heruanto, A. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Media Wacana.
Hasibuan, & H, M. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia Ed Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Mangkunegara, & A.A, A. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nitisemito, & S, A. (2002). Manajemen Personalia. Edisi Revisi: Penerbit Ghalia Indonesia.
Handoko, & T, H. (2008). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta BPFE: Cetakan Kedua Belas.
Hasibuan, & Malayu, S. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Hadi, & Sutrisno. (2002). Metodeologi Research. Yogyakarta : Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Aprilia, K., & Ghozali, I. (2013). Model Persamaan Strutural Berbasis Komponen Generalized Structured Component Analysis (GESCA). Semarang: Universitas Diponegoro.
http://adrtpwbs10/Pages/Adaroweb.aspx
Jelita Nata Liyas, R. P. (2017). Judul Penelitian" Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Perkreditan Rakyat". Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
Setiawan, A. (2013). Judul Penelitian " Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruhan Malang". Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
Wairooy, A. (2017). Judul Penelitian " Pengaruh Disiplin kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Pertamina (Persero), tbk. Pemasaran Region VII Makassar". Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
Yanti, K. (2014). Judul penelitian "Pengaruh Kepemimpinann, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Patra Komala Di Dumai". Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
Meilany , P., & Ibrahim, M. (2015). Judul penelitian " Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan". Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>