PERAN PEMIMPIN DALAM MENEGAKKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI DI KANTOR DESA PALIAT KECAMATAN KELUA KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Rifka Annisa Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

peran, kepemimpinan, pemimpin, disiplin, kerja, pegawai, tabalong

Abstract

Disiplin yang baik mencerminkan besarnya tanggung jawab seseorang terhadap tugas-tugas yang diberikan kepadanya, hal ini akan mendorong gairah kerja, semangat kerja, dan mendorong terwujudnya tujuan organisasi. Penting bagi Kepala Desa untuk dapat membina dan meningkatkan disiplin kerja bagi para bawahannya, karena kurangnya disiplin kerja dapat menimbulkan berbagai hal yang kurang baik dalam hubungan pekerjaannya, seperti semangat kerja yang menurun, hasil kerja yang kurang maksimal, serta acuh tak acuh terhadap pekerjaan atau jabatan yang diembannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Pemimpin Dalam Menegakkan Disiplin Kerja Pegawai di Kantor Desa Paliat Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan teknik kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis tabulasi dengan menggunakan rumus frekuensi yang di kemukakan oleh Muhammad Ali (1998:184). Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah : 1) Wawancara, 2) Angket dan 3) Dokumentasi. Instrumen pertama yaitu pembagian angket/kuesioner kepada 30 orang responden untuk pembuatan hasil dalam pembahasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : peran pemimpin dalam menegakkan disiplin kerja pegawai sudah cukup berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil rekapitulasi dengan presentasi 47%.

Kata Kunci : Peran Pemimpin, Disiplin Kerja, Pegawai

References

Ali, M., (1985). Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Universitas Indonesia ( Ui-Press).
E.Erawan. (2013). Kepemimpinan Kepala Desa dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai Kantor Desa di Desa Serantas Kecamatan Pulau Tiga Kabupaten Natuna. S-1 Ilmu Administrasi Negara, 1(1), pp. 1-10.
Feronika Mondong, M. M. d. S. P. (2017). Kepemimpinan Camat Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Aparatur Pemerintah di Kecamatan Amurang Timur. Jurusan Ilmu Pemerintahan, 2(2), pp. 1-12.
Guru Desa. (2018). Permendagri No 84 Tahun 2015 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa.
Hasibuan, M.. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Helina, W. (2015). Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meingkatkan Disiplin Kerja Pegawai Kantor Desa Muara Bengkal Ulu Kecamatan Muara Bengkal Kabupaten Kutai Timur. eJournal Administrasi Negara, 3(2), pp. 859-872.
Kumayas, P. (2012). Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja di Desa Mapanget Kecamatan Kota Manado. Jurna Ilmu Pemerintahan, 1(1), pp. 1-19.
Pasolong, Harbani. (2016). Metode Penelitian Administrasi Publik. Alfabeta Bandung.
Rivai, Veithzal. (2006). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sari, R. N. J. (2018). Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Aparat Desa Pada Kantor Desa Wayau Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. JAPB, 1(2), pp. 627-640.
Sekolah Tinggi IlmuAdministrasi. 2021. Pedoman Penulisan Skripsi. Tabalong.
Soekanto, S. (2009). Peranan Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Published

2021-12-01

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>