PERAN KEPEMIMPINAN CAMAT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI DI LIHAT DARI ASPEK KETELADANAN DI KANTOR KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Hariyati Hariyati Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Susiani Susiani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

peran, kepemimpinan, disiplin, kerja, pegawai, camat, tabalong

Abstract

Kepemimpinan Camat disamping mempunyai tugas dan kewajibannya sebagai pemimpin agar tidak terjadi suatu permasalahan didalam organisasinya yang dibantu oleh pegawai untuk menjalankan roda pemerintahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : Peran Kepemimpinan Camat Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai di Lihat dari Aspek Keteladanan di Kantor Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan teknik kualitatif. Pengumpulan data penelitian diperoleh dari melakukan wawancara dengan 5 orang informan. Dan teknik analisis data menurut Miles, Huberman dan Saldana (2014): data collection, data condensation,display data,drawing and verifying conclusions.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Kepemimpinan Camat Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai di Lihat dari Aspek Keteladanan di Kantor Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong mengenai teori Hasibuan (2008:194) tentang peran kepemimpinan yaitu: seorang pemimpin  harus meningkatkan tentang tujuan disiplin, pemimpin harus memahami bahwa kemampuan pegawai berbeda-beda, hubungan kemanusian, teladan, pengawasan, kerjasama, ketegasan dan sanksi hukuman sudah baik.Meskipun Peran Kepemimpinan Camat Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai sudah baik namun masih ada kekurangannya, untuk itu penulis memberi saran kepada pegawai kantor kecamatan tanta diharapkan lagi agar lebih meningkatkan disiplin terutama dalam kedisiplinan kehadiran dan diharapkan bisa dapat terus lebih disiplin dalam membantu kepemimpinan Camat.

Kata Kunci : Peran, Kepemimpinan, Disiplin Kerja Pegawai

References

Ahmadi, Abu. (1981). Administrasi Umum. Semarang : Toha Putra.
Ahmadi, Rulam. (2016). Metodelogi Penelitian Kualitatif (cetak ke-2). Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Fahmi, Irham. (2018). Pengantar Ilmu Kepemimpinan (Cetak Ke-1). Depok : Raja Grapindo Persada.
Pasalong, Harbani. (2013).Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Pasalong, Harbani. (2016). Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Syafiie, Inu Kencana. (2003). Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia (SANRI). Jakarta: Bumi Aksara.
Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodelogi Penelitian (cetak ke-1). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Tim Dosen. (2021). Pedoman Penulisan Skripsi Tahun Akademik 2020/2021. Tabalong: STIA Tabalong.
Jurnal
Noviyanti, Vivi. (2021). Peran Camat Dalam meningkatkan Disiplin Pegawai Negeri Sipil Di kecamatan Loloda Kepulauan.Journal Government of Archipelago 2021.
Ramly,Robby Yayan. (2015). Peran Camat Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai di Kantor Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan.Ejournal Ilmu Pemerintahan 2015.
Tobing, Melvin F.L.. (2015). Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Perangkat Desa (Studi Kasus di Desa Tombatu Kecamatan. Tombatu Kabupaten Minahasa Tenggara). e-Journal 2015.
Wati, Melinda. (2018).Peran Kepala Desa Sebagai Pemimpin (Leadership) Dalam Meningkat- kan Disiplin Kerja Pegawa pada Kantor Desa Ampukung Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong. JAPB : Vol.1 2018.
Widiarti,Rizma Dian. (2017). Peran Kepemimpinan dalam Meningkatkan Disiplin Pegawai di Kecamatan Palaran Kota Samarinda.Ejournal Administrasi Negara 2017.

Peraturan Perundang-undangan
Peraturan Bupati Tabalong No. 002 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan 5 (lima) Hari Kerja dan Ketentuan Pemakaian Pakaian Dinas/Kerja Di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tabalong.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2008 Tentang Kecamatan.
Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, Tentang Peraturan Disiplin Aparatur Sipil Negara.

Published

2021-11-22

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)