EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) DI KELURAHAN BELIMBING RAYA KECAMATAN MURUNG PUDAK

Authors

  • Nafikri Aswar Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Ahmat Harahap Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

evaluasi, kebijakan, KOTAKU

Abstract

Evaluasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) merupakan bentuk kegiatan untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan, dengan menyediakan pembangunan drainase dan perbaikan jalan. Tujuan hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi program KOTAKU dari aspek kegiatan akses jalan lingkungan dan tersedianya drainase di lingkungan permukiman perumahan di RT. II dan RT. III. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data wawancara menurut Miles, Huberman & Saldana (2014) teori yang digunakan menurut Bridgman & Devis (2000) dengan model evaluasi sumatif yaitu setelah diimplementasikan guna mengukur dampak nyata dari suatu pembangunan yaitu 1) input, 2) Proses, 3) Output (hasil), 4) Outcome (dampak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi kebijakan program (KOTAKU) Di Kelurahan Belimbing Raya Kecamatan Murung Pudak dapat di katagorikan berdampak dengan hasil bobot 4 dikarenakan dalam kegiatan program KOTAKU sudah berjalan dengan baik dan berdampak bagi masyarakat hanya saja diperlukan lebih efektif dan efesien dalam proses perkembangan pembangunan penyusunan rencana kegiatan sehingga saat pembangunan tidak terkendala.

Kata kunci: Evaluasi Kebijakan, Program KOTAKU

References

B.liandri, & T.suheri. (2003). Evaluasi Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Kelurahan Labakgede Kecamatan Coblong Kota Bandung. Wlayah dan kota, 12-20.
Dampak, P. E. (2016). blogspot.com. Retrieved Mei 1, 2021, from http://pengertianipaku.blogspot.com/2016/03/pengertian-evaluasi-dampak.html
Dosen. (2021). Pedoman Penulisan Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong. Tanjung.
Endah fitria maulana. (2020). Evaluasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Di Kota Surakarta. skripsi.
H, P. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan RGD (8 ed.). Bumi Aksara.
irma. (2013). Evaluasi Tata Kelola Program Kota Tanpa Kumuh KOTAKU di Kota Makkasar (Studi kasus kelurahan parang tambung). journal of chemical information and modeling, 53(9).
M. Fatjriani. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Di Kelurahan Jangkung Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong (Studi Tentang Pembuatan Drainase Ditinjau Pada Tahap Pelaksanaan). JAPB, 4.
Moekijat. (1995). Analisis Kebijakan Publik. Mandar Maju.
Ridwan. (2017). Perencanaan Pembangunan Daerah. Alfabeta.
Undang-Undang Dan PERPPU Pemerintah Daerah. (2014). FokusMedia.
yunita syahriani, moh. ilham, & nuryanto. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Public Policy, 275-287.

Published

2021-11-13

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)