PERAN KEPALA DESA DILIHAT DARI ASPEK INFORMASIONAL DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR DESA KAMBITIN RAYA KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Siti Nurhayani Program Studi Ilmu Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Lilis Suryani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

peran kepala desa, peran, aspek informasional, disiplin kerja

Abstract

Peran Kepala Desa Dilihat Dari Aspek Informasional Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Pada Kantor Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis Peran Kepala Desa Dilihat Dari Aspek Informasional Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Pada Kantor Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Mengetahui dan menganalisis faktor-faktor Peran Kepala Desa Dilihat Dari Aspek Informasional Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Pada Kantor Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan teknik kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, angket/kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala desa, aparat desa, semua perangkat desa dan tokoh masyarakat yang ada di Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong dengan jumlah 30 orang responden. Teknik Analisis Data menggunakan tabulasi (Muhammad Ali : 155). Hasil penelitian Peran Kepala Desa Dilihat Dari Aspek Informasional Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Pada Kantor Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong dikatagorikan Sangat Berperan. Faktor penghambat Peran Kepala Desa Dilihat Dari Aspek Informasional Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Pada Kantor Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong: 1) belum adanya ketegasan 2) dan masih terbatasnya fasilitas sarana prasarana penunjang.

Kata Kunci: Peran Kepala Desa, Aspek Informasional, Disiplin Kerja

References

Ali, M. (1985). Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (Ui-press).
Davis, K dan John, D. d. (1985). Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Erawan, E. (2013). Kepemimpinan Kepala Desa dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai Kantor Desa di Desa Serantas Kecamatan Pulau Tiga Kabupaten Natuna. Jurnal S-1 Ilmu Administrasi Negara , 1-10.
Kartono, K. (1994). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Kumayas, P. (2012). Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja di Desa Mapanget Kecamatan Mapanget Kota Manado. Jurnal Ilmu Pemerintahan , 1-19.
Helina, W. (2015). Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Kantor Desa Muara Bengkal Ulu Kecamatan Muara Bengkal Kabupaten Kutai Timur. eJournal Administrasi Negara , 859-872.
Pasolong, H. (2016). Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Soejono. (2011). Analisis Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Dosen Politeknik Negeri Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara Medan.
Tobing, M. F., Kaawoan, J., & Pangemanan, S. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Perangkat Desa Tombatu Kecamatan Tombatu Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan , 2337-5736.
Thoha, M. (2015). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Published

2021-04-11

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>