Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek Scoopy; (2) Seberapa besar pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda merek Scoopy pada CV. Trio Motor Tanjung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif, dimana penelitian ini mendeskripsikan pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda merek Scoopy.


Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap; (1) Probability Sampling; (2) Secara proporsional; (3) Secara  Simple Random Sampling. Jumlah populasi diambil dari konsumen Trio motor dalam satu bulan yaitu sebanyak 138 orang, sehingga diambil sebanyak 34 responden untuk mewakili populasi sesuai dengan hitungan pada rumus slovin. Kuesioner merupakan instrument utama untuk mengumpulkan data, observasi, dan data sekunder diperoleh dari jurnal, skripsi, dan buku. Statistik deskriptif, dan deskriptif frekuensi untuk data hasil penelitian, serta uji validitas, reliabilitas, uji t, regresi  sederhana, dan uji pengaruh untuk pengujian hipotesis penelitian.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda merek  Scoopy pada CV. Trio motor Tanjung, yaitu sebesar 46,6% dan sisanya sebesar 53,4% dipengaruhi oleh variabel yang lain. Misalnya seperti kualitas produk, desain, dan lain-lain. 


KATA KUNCI: Marketing Mix, Promosi, Keputusan Pembelian