PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA MEREK SCOOPY PADA CV. TRIO MOTOR TANJUNG

Authors

  • Siti Jubaidah Prodi Administrasi Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Indriati Sumarni Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

marketing mix, marketing, pemasaran, promosi, keputusan pembelian, keputusan, Trio motor, Scoopy, honda

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek Scoopy; (2) Seberapa besar pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda merek Scoopy pada CV. Trio Motor Tanjung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif, dimana penelitian ini mendeskripsikan pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda merek Scoopy.

Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap; (1) Probability Sampling; (2) Secara proporsional; (3) Secara  Simple Random Sampling. Jumlah populasi diambil dari konsumen Trio motor dalam satu bulan yaitu sebanyak 138 orang, sehingga diambil sebanyak 34 responden untuk mewakili populasi sesuai dengan hitungan pada rumus slovin. Kuesioner merupakan instrument utama untuk mengumpulkan data, observasi, dan data sekunder diperoleh dari jurnal, skripsi, dan buku. Statistik deskriptif, dan deskriptif frekuensi untuk data hasil penelitian, serta uji validitas, reliabilitas, uji t, regresi  sederhana, dan uji pengaruh untuk pengujian hipotesis penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda merek  Scoopy pada CV. Trio motor Tanjung, yaitu sebesar 46,6% dan sisanya sebesar 53,4% dipengaruhi oleh variabel yang lain. Misalnya seperti kualitas produk, desain, dan lain-lain. 

KATA KUNCI: Marketing Mix, Promosi, Keputusan Pembelian

References

DAFTAR PUSTAKA
Achidah, N., Hasiolan, L. B., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT. Journal Of Management.
Alma, B. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Amstrong, P. K. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.
Amstrong, P. K. (2007). Manajemen Pemasaran jilid 1 & 2. Jakarta: Indeks.
Assauri, S. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Debora, R., & Herianto, D. H. M. (2015). Pengaruh Promosi Terhadap Minat Konsumen ( Studi Evaluasi Strategi Penjualan Jasa Kamar Hotel Asean Pekanbaru). Jom Fisip.
Hatiah, S. (2019). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum di PDAM Tabalong Tanjung. Tabalong: Skripsi.
Hayati, P. N. (2017). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pulsa (Studi Pada Pelanggan No-Kios Cell Kabupaten Tabalong). Tabalong: Skripsi.
Heriyanto, I. (2015). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi , Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80–101.
Khoiro, F., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Konsumen Warung Siji House And Resto Malang). E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 140–153.
Mulyana. (2016). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Indihome (Studi Kasus Witel Bandung) Mulyana. E-Proceeding of Management.
Nasution. (2005). Kualitas Produk. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, S. (2014). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garskin Yang Dimediasi Word Of Mouth Marketing. Skripsi. https://doi.org/10.1530/EJE-14-0355
Rahmat. (2018). Pengaruh Keunggulan Bersaing Terhadap Tingkkat Kepuasaan Konsumen Pada Distro Antipop Clotes Tanjung. Tabalong: Skripsi.
Supriyono Kuat, Hasiolan Budi Leonardo, W. M. M. (2014). Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah Pada Perumahan Bukit Semarang Baru (Bsb) City Di Semarang. Jurnal Skripsi Ekonomi Manajemen, 1–16.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tantri, T. A. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Widyasari, S., & Fifilia, E. T. (2009). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah ( Studi pada Perumahan Graha Estetika Semarang ). Jurnal Telaah Manajemen.
Winardi, A. (2016). Artikel Skripsi Universitas Nusantara Pgri Kediri Analisis Penerapan Metode. Ekonomi Akuntansi, 01(08), 1–13

Published

2020-10-27

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>