Abstract

Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakan para pelaku bisnis di bidang kecantikan yang dituntut untuk mempertahakan  pangsa pasar yang ada, dengan memanfaatkan hubungan baik dengan konsumen diharapkan mampu menciptakan brand trust dan mempertahankan konsumen untuk tetap loyal terhadap produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand trust terhadap loyalitas konsumen produk moisturizer lightening cream Wardah dikalangan mahasiswi STIA Tabalong. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampling purposive. Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara member seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Hasil penelitian pengujian analisis regresi linear sederhana atau menggunakan SPSS versi 23 menunjukkan bahwa brand trust berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen yaitu nilai r = 0,164 atau besar pengaruh brand trust terhadap loyalitas konsumen adalah 16,4%, sedangkan sisanya yaitu 83,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar brand trust. Dengan nilai hitung pengaruh brand trust terhadap loyalitas konsumen ini diperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (2,767 > 2,035).


Kata Kunci: Brand Trust, Perilaku Konsumen, dan Loyalitas Konsumen