PENGARUH BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK MOISTURIZER LIGHTENING CREAM WARDAH DIKALANGAN MAHASISWI STIA TABALONG

Authors

  • Yuliani Noorsanti Prodi Administrasi Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Shinta Avriyanti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

brand, trust, perilaku, konsumen, loyalitas, mahasiswa, stia tabalong

Abstract

Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakan para pelaku bisnis di bidang kecantikan yang dituntut untuk mempertahakan  pangsa pasar yang ada, dengan memanfaatkan hubungan baik dengan konsumen diharapkan mampu menciptakan brand trust dan mempertahankan konsumen untuk tetap loyal terhadap produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand trust terhadap loyalitas konsumen produk moisturizer lightening cream Wardah dikalangan mahasiswi STIA Tabalong. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampling purposive. Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara member seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Hasil penelitian pengujian analisis regresi linear sederhana atau menggunakan SPSS versi 23 menunjukkan bahwa brand trust berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen yaitu nilai r = 0,164 atau besar pengaruh brand trust terhadap loyalitas konsumen adalah 16,4%, sedangkan sisanya yaitu 83,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar brand trust. Dengan nilai hitung pengaruh brand trust terhadap loyalitas konsumen ini diperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (2,767 > 2,035).

Kata Kunci: Brand Trust, Perilaku Konsumen, dan Loyalitas Konsumen

References

DAFTAR PUSTAKA
Adiwibowo, B., & Tresnati, R. (2018). Pengaruh Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen (Survey Pelanggan Pada Belwish Coffee Shop Bandung). Jurnal Manajemen , 04(01), 480-484.
Anggraeni, R., Evanita, S., & Sofya, R. (2018). Pengaruh Endorser , Harga dan Kualiatas Produk terhadap Perilaku Peralihan Merek (Brand Switching) Bedak Padat Maybelline di Kota Padang. EcoGen, 1(4), 785–794.
Bambang, A., & Heriyanto, M. (2017). Pengaruh Brand Equity Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Mobil Merek Toyota Kijang Innova. Journal Of Management FISIP, 4(2), 1–11.
Chaudhuri, A., & Holbrook, M. B. (2001). The Chain Of Effects From Brand Trust ANd Brand Affect to Brand Performance: The Role Of BRand Loyalty. Journal Of Marketing , 65(02), 81-93.
Fauziyah, S. (2016). Pengaruh Brnad Trust Dan Brand Equity Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah (Survey Konsumen PT Paragon Technology And Innovation Cabang Pekanbaru). JOM FISIP , 03(02), 1-9.
Griffin, J. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Izzati, R. R. (2019). Pengaruh Pereived Quality Dan Brand Image Terhadap Brand Trust Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Ilmu Manajemen , 08(02), 15-24.
Januar, A. F. (2016). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Koran Harian PT. Riau Pos Intermedia Pekanbaru). Motivasi Anak Memilih Sekolah Di Pesantren Al-Amin Desa Rawang Kao KecamatanLubuk Dalam Kabupaten Siak, 3(2), 1–15.
Kuncoro, M. (2013). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Edisi Empat. Yogyakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo.
Meutia, D. (2017). Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Kosmetik Pixy (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Samudra). Jurnal Manajemen dan Keuangan , 06(02), 749-759.
Philip Kotler, K. L. (2006). Manajemen Pemasaran. Edisi Dua Belas Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.
Sunyoto, D. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS (Center of AcademicPublishing Service).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.
Tjiptono, F. (2004). Strategi Pemasaran Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Tim Dosen. 2019. Pedoman Penulisan Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
Yunima, R., Lestari, R. B., & Widagdo, H. (2012). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Company Reputation Terhadap Loyalitas Handphone XYZ Di Palembang. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 1–9.

Published

2020-10-27

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>