Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kualitas pelayanan di UPTD Puskesmas Bentot Kecamatan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur sebelum dan sesudah akreditasi (2) Untuk mengetahui besarnya perbedaan kualitas pelayanan di UPTD Puskesmas Bentot Kecematan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur sebelum dan sesudah akreditasi.


Menggunakan metode kuantitatif. Sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mendapatkan pelayanan di UPTD Puskesmas Bentot Kecamatan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur sebanyak 880 responden dengan presisi 20% untuk mendapatkan sampel. Metode analisa yang digunakan analisa SEM berbasis komponen GesCA.


Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada perbedaan kualitas pelayanan sebelum akreditasi dan sesudah akreditasi di UPTD Puskesmas Bentot Kecamatan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur. (2) Besarnya perbedaan kualitas pelayanan sebelum akreditasi dan sesudah akreditasi di UPTD Puskesmas Bentot Kecamatan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur adalah sebesar 17.26 (42.47 - 25.31) dan sisanya di pengaruhi oleh faktor lain diluar dari indikator yang digunakan dari penelitian ini.


Kata kunci : Kualitas Pelayanan, puskesmas,  Sebelum dan  Sesudah Akreditasi