Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk obat-obatan di Apotek Zafira Ruhama dan seberapa besarnya pengaruh harga tersebut terhadap keputusan pembelian obat-obatan di Apotek Zafira Ruhama.


Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara simple random sampling dengan sampel aksidental. Jumlah populasi konsumen tidak dapat ditentukan setiap harinya, karena itu diambil sampel 30 responden yang akan mewakili penelitian ini. Kuesioner merupakan instrument utama dalam pengambilan data, observasi dan data sekunder diperoleh di Apotek Zafira Ruhama. Alat uji yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data Generalized Structured Component Analysis (GSCA).


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dari hasil uji diketahui bahwa ada pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian obat-obatan di Apotek Zafira Ruhama, diperoleh nilai estimate sebesar 0,506 dengan koefisien CR sebesar 4,68; (2) Besarnya pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 54,9% dan sisanya 49,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti, misalnya seperti atmosfer apotek, lokasi, kualitas produk dan promosi.


Kata Kunci: Harga,  Keputusan Pembelian, GSCA.