PERAN KEPALA DESA SEBAGAI MOTIVATOR UNTUK KESADARAN MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) DI DESA TANTA HULU KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Hartiani Hartiani Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Rahmi Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

peran, motivator, kepala desa, masyarakat, PBB

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis Peran Kepala Desa sebagai Motivator untuk kesadaran masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Tanta Hulu Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif dengan teknik kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Wawancara merupakan intrumen utama yaitu dengan informan kunci seperti Kepala Desa, Kasi Pemerintahan, dan Tokoh Masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Kepala Desa sebagai Motivator untuk kesadaran Masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Tanta Hulu Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong sudah Berperan, realisasinya belum tercapai dan masih kurangnya kesadaran masyarakat terhadap wajib pajak.

Kata Kunci : Peran Motivator Kepala Desa, Masyarakat, PBB.

References

DAFTAR PUSTAKA
Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Sebuah Upaya Untuk Mendukung Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu . Jakarta: Rajawali Pers.
A.M, S. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah ( BPPRD) 2019. Realisasi Pajak Bumi Dan Bangunan
Pedesaan Dan Perkotaan (PBB-P2) Kabupaten Tabalong (Kecamatan Tanta).
Dwinanarhati, S. E., & Robertos, R. (2016). Peran Pemerintahan Desa Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Desa Bujiaji Kecamatan Bujiaji Kota Batu. Ilmu Sosial dan Politik,V(2), No.2.
Hasibuan, M. S. (2006). Organisasi dan Motivasi Peningkatan Produktifitas. Jakarta: Bumi Aksara.
Kartika, S. (2006). Peranan Kepemimpinan Kepala Desa Terhadap Peningkatan Kesadaran Masyarakat Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Desa Tolotoyan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow. Ilmu Administrasi Publik UNSTRAT.
Lestari, D. (2015). Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Desa Andong Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali. Ilmu Sosial dan Politik, II(2), No.28.
Mohammad, A. (1998). Strategi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Angkasa.
Purwanto, M. (1985). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Karya.
Saputri, T. A. (2018). Peran Lurah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Untuk Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kelurahan Pulau Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong. Jurnal STIA JAPB, V(1), No.2.
Siahaan, M. (2005). Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah. Jakarta: Grafindo Persada.
Siagian, S. (1993). Manajemen Sumber Manusia (Cetak 15). Jakarta: Grafindo Persada.
Soemitra, R. (1989). Pajak Bumi Dan Bangunan . Bandung: PT. Ersco.
Tjokromidjojo, B. (2000). Pengantar Administrasi Pembangunan LP3ES. Jakarta: Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1994 Tentang Pajak Bumi Dan Bangunan.
Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Pajak Bumi Dan Bangunan.
Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2003 Tentang Tata Cara Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Di Kabupaten Tabalong.
Wahyuni, T. (2018, November). Peranan Perangkat Desa Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Untuk Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (PBB-P2) Di Desa Kalapasawit Kecamatan Lambok Kabupaten Ciamis. Ilmu Pemerintahan,IV(4), No.4.
Wursanto.IG. (2002). Teori Motivasi. Jakarta: Rineka Sejati.

Published

2020-10-27

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>