Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi Kebijakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Berkah Bersama” ditinjau dari Aspek Sumber Daya di Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak.


Jenis dan pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dengan key informan sebanyak 1 (satu) orang Kepala Desa Maburai, 1 (satu) orang Direktur BUMDes Desa Maburai,


1 (satu) orang Ketua Unit Usaha BUMDes Desa Maburai dan 2 (dua) orang BPD. Teknik analisis data meliputi reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan jawaban dari key informan sebanyak 5 (lima) orang yaitu dilihat dari segi sumber daya manusia, sumber daya anggaran, sumber daya peralatan, dan sumber daya kewenanganpada indikator jumlah staf sangat terimplementasi, indikator kemampuan staf cukup terimplementasi, indikator kecukupan modal tidak terimplementasi, indikator sarana dan prasarana yang memadai cukup terimplementasi, dan indikator tugas dan tanggung jawab terimplementasi sehingga Implementasi Kebiijakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Berkah Bersama” Dilihat dari Aspek Sumber Daya di Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak dikategorikan cukup terimplementasi.


Kata Kunci: Implementasi, BUMDes, Desa Maburai.