Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis indeks kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh UPT PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong dan besaran mutu pelayanan pada bagian pelayanan di UPT PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.Tekhik pengumpulan data menggunakan angket dengan sampel berjumlah 100 orang ,teknik sampel menggunakan simple random sampling yaitu teknik sederhana yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi ,sehingga akan memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi.Teknik analisis data menggunakan pengukuran indeks kepuasan masyarakat dari Keputusan Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indeks kepuasan masyarakat pada pelayanan pengujian kendaraan bermotor di UPT PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong mutu pelayananannya B ,kinerja unit pelayanannya baik dan besarnya mutu pelayanan yang diberikan oleh UPT PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong 76. 


Kata Kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat dan Pelayanan