SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) TERHADAP PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DI UPT PKB DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Sri Indarti Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Rahmi Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

indeks kepuasan masyarakat, pelayanan, IKM, DISHUB, Tabalong

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis indeks kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh UPT PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong dan besaran mutu pelayanan pada bagian pelayanan di UPT PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.Tekhik pengumpulan data menggunakan angket dengan sampel berjumlah 100 orang ,teknik sampel menggunakan simple random sampling yaitu teknik sederhana yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi ,sehingga akan memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi.Teknik analisis data menggunakan pengukuran indeks kepuasan masyarakat dari Keputusan Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indeks kepuasan masyarakat pada pelayanan pengujian kendaraan bermotor di UPT PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong mutu pelayananannya B ,kinerja unit pelayanannya baik dan besarnya mutu pelayanan yang diberikan oleh UPT PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong 76. 

Kata Kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat dan Pelayanan

References

DAFTAR PUSTAKA
Agung.Kurniawan 2005 Transformasi :Pelayanan Public :Yogyakarta Penerbit Pembaruan
Christopher ,Lovelock And K Wright Lauren 2005 Pemasaran Jasa (Terjemahan) Jakarta Gramedia
Fandy Tjiptono ,1995, Strategi Pemasaran Yogyakarta :Andi Offset
Hardiansyah 2011 Kualitas Pelayanan Public Yogyakarta,Gava Media
Irawan , H 2007 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan PT Elex Media Komputindo,Jakarta
Ratminto& Atik Septi Winarsih 2005 .Manajemen Pelayanan :Yogyakarta Pustaka Pelajar
Sinambela,.2010 Reformasi Pelayanan Publik .Jakarta PT Bumi Aksara
Arikunto,Suharsimi 2006 Metodologi penelitian Yogyakarta : Bina Aksara
The Liang Gie 1987 Cara Belajar Yang Efisien Yogyakarta :Libety
Zeithaml Bitner 2000.Service Marketing Edition New York
Zeithaml, Bitner, 1990. (Diterjemahkan oleh Purwoko) The Concept of Customer Satisfaction. Usa: The McGraw-Hill Companies. Inc
Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE.

Barnes, James G., 2003. . diterjemahkan oleh Andreas Winardi, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Dokumen
Undang-Undang No 14 Tahun 1992 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.
Undang-Undang No 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Kepmen Pan No 63/M.PAN /7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No 16 Tahun 2014 Tentang Pedoman Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik
Subadi dan Pratama ,2015 Analisis Indeks Kepusan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan publik pada Dinas Perhubungan kabupaten Kutai Kertanegara
Chasanah dan Suprajang ,2018 “Analisis Kepuasan Konsumen Melaui Kualitas uji KIR pada Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar

Published

2020-10-19

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>