Abstract

Evaluasi merupakan salah satu tingkatan di dalam proses kebijakan, evaluasi adalah suatu cara untuk menilai apakah suatu kebijakan atau program itu berjalan baik atau tidak. Pembangunan Desa meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Pembangunan Desa adalah suatu proses kegiatan pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik fisik maupun non fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Evaluasi Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan Jalan Usaha Tani Desa Kandris Kecamatan Benua Lima Kabupaten Barito Timur.


Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan deskriptif kuantitatif yang menekankan pada fenomena-fenomena yang diambil dari langkah-langkah pengumpulan data. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu angket dengan sampel sebanyak 30 orang.


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan Jalan Usaha Tani Desa Kandris Kecamatan Benua Lima Kabupaten Barito Timur dapat dikatakan cukup sesuai dengan harapan masyarakat  dari jawaban 136 orang responden dengan persentase 50,3 yang menyatakan cukup sesuai.


Kata Kunci : Evaluasi , Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP)