ANALISIS PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN SEBELUM DAN SESUDAH AKREDITASI DI UPTD PUSKESMAS TAMPA KECAMATAN PAKU KABUPATEN BARITO TIMUR

Authors

  • Miseyani Miseyani Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kualitas pelayanan, puskesmas, akreditasi, kualitas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengatahui dan menganalisis perbedaan kualitas pelayanan sebelum dan sesudah akreditasi di UPT Pukesmas Tampa Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur. 2) Untuk mengatahui dan menganalisis seberapa besar perbedaan mutu pelayanan sebelum Akreditas dan sesudah Akreditasi  di UPTD Puskesmas Tampa Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan komparatif  yaitu peneliti membandingkan kualitas pelayanan sebelum dan sesudah akreditasi di UPTD Puskesmas Tampa Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur.  Teknik pengumpulan data menggunakan angket, Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 responden yang diambil dari pasien yang sama yang pernah mendapat pelayanan pada tahun 2018 dan 2019 di UPTD Puskesmas Tampa Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur. Analisis data menggunakan alat bantu GSCA (Generalzed  Structured Component Analysis). Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Ada perbedaan mutu pelayanan sebelum akreditasi dan sesudah akreditasi di UPTD Puskesmas Tampa Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur. Hal ini membuktikan bahwa Besarnya perbedaan mutu pelayanan sebelum akreditasi dan sesudah akreditasi di UPTD Puskesmas Tampa Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur adalah sebesar 15,63*(19,84*-4,21*) dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari indikator yang digunakan dari penelitian ini.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Puskesmas, Akreditasi

References

DAFTAR PUSTAKA
Annisa. (2018). Asuhan Persalinan Normal dan Bayi Baru Lahir. Jakarta: Andi Offset.
Fandy, T. (2001). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Ofset.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.46 Tahun 2015.
Pohan, I. (2005). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarata: ECG.
Rachmawati, K. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: ANDI.
Saleh, A. (2010). Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Sekaran, U. (2006). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Siambela, L. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara
Sinambela, L. (2011). Reformasi Pelayanan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sofyandi, H. (2008). Manajemen sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudiro, A. (2011). Perencanaan Sumber Daya Manusia. Malang: UB Press.
Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Yokyakarta: Teras.
Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Umam, K. (2012). Perilaku Organisasi. Bandung: Pusaka setia.
Umar, H. (1995). Metode Penelitian (Aplikasi Dalam Pemasaran). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Umar, H. (2003). Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Published

2020-10-19

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>