KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DILIHAT DARI ASPEK TANGIBLE DALAM RANGKA MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS HIKUN KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Marlita Sari Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Wahyu Subadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kualitas pelayanan, pelayanan, kesehatan, pusat kesehatan masyarakat, masyarakat, tabalong

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Kualitas Pelayanan  Kesehatan Dilihat Dari Aspek Tangible Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Hikun Kabupaten Tabalong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil angket yang diberikan kepada 30 responden , teknik pengambilan sampel menggunakan sampel random sampling, Teknik analisis menggunakan tabulasi yang kemudian dipersentasi data yang di kemukakan oleh Muhammad Ali (1984). Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Kesehatan Dilihat Dari Aspek Tangible Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Hikun Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong dapat dikategorikan berkualitas dengan presentase 60,83 %.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kesehatan, Pusat Kesehatan Masyarakat

References

DAFTAR PUSTAKA
Abidin, Z. (2010). Analisis Pengaruh Keandalan dan Etos Kerja Terhadap Pelayanan Pubik Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Kota. Medan: USU.
Achmad, B., & Ahmad, B. (2007). Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka.
Agus, E. P., & S, R. D. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Gava Media.
Asrul, A. (1996). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: PT. Rineke Cipta.
Bambang, P., & Jannah, L. M. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Budiarto (2015) tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas di Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang.
Hasibuan, M. S. (2011). Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Henry, N. (1995). Administrasi Negara dan Masalah-Masalah Publik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Irawan, H. (2002). Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Khesia. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, Volume 7 Nomor 3.
Lambelanova, R. (2017). Kualitas Pelayanan di UPTD Puskesmas Kuningan Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Volume 1 Nomor 5.
Moekijat. (1999). Manajemen Sumber Daya Manusia (Manajemen Kepegawaian). Bandung: Mandar Maju.
Moenir. (2008). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia . Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nasution, M. (2005). Manajemen Pelayanan Terpadu Edisi Kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pasolong, H. (2008). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: CV. Alfabeta.
Renaldi, R. (2017). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di Poli Umum Puskesmas Siak Hulu li Kabupaten Kampar Tahun 2017. Collaborative Meical Journal, Volume 1 Nomor 2.
Robert. (1996). Pelayanan Publik. PT Gramedia Pustaka Utama.
Sedarmayanti. (2014). Pengembangan Kepribadian Pegawai. Bandung: Mandar Maju.
Sinambela, Poltak, D. L., & M.M., M. (2008). Reformasi Pelayanan Publik . Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Singarimbun, M., & Effendi. (1995). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.
Siswanto, H. (2015). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Dalam Operasionalisasi Program Mobil Sehat (Studi pada Pusat Kesehatan Masyarakat Kedungpring Kabupaten Lamongan). Jurnal Administrasi Publik, Volume 3 Nomor 11.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D Cetakan ke 17. Bandung: CV. Alfabeta.
Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas

Published

2020-10-18

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>