EFEKTIVITAS APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES) DI DESA KAMBITIN KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Maulidya Rahmah Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Rahmi Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

efektivitas, aplikasi, siskeudes, penginputan

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Kambitin Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas aplikasi sistem keuangan desa (SISKEUDES) di Desa Kambitin Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara kepada 5 orang informan. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana (2014) yaitu menggunakan model analisis interaktif dengan empat prosedur yaitu : (1) reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan efektivitas aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) di Desa Kambitin Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong sudah efektif.

Kata Kunci: Efektivitas Aplikasi Siskeudes, Proses Penginputan

References

DAFTAR PUSTAKA
Effendy. (2008). Efektivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Etzioni, A. (1985). Organisasi-Organisasi Modern (terjemahan). Jakarta: UI Press.
Firmansyah, A. (2018). Implementasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Desa Rawa Burung Kabupaten Tegal;, Banten. Ejournal.
Gibson, J. J. (1996). Organisasi: Perilaku, Struktur, dan Proses. terjemahan Nunuk Ardiani. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Haffiyan, F. (2017). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Keuangan Desa di Kabupaten Bandung (Studi Kasus Kebijakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa). Ejournal.
Indonesia, K. B. (n.d.). Indonesia, Kamus Besar Bahasa.
Miles, M. H. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3 USA: Sage Publication. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. UI Press.
Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 Pengelolaan Keuangan Desa
Peraturan Presiden Republik Indonesia No 192 Tahun 2014 Tentang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sebagai Pengawal Keuangan Desa Melalui Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES)
Sejathi. (2011). Ciri-ciri Motivasi Belajar (on-line)
Setyawati, S. (2017). Efektivitas Pengalokasian Dana Desa Di Desa Karang Tunggal Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara. eJournal, 6254-6268.
Undang-Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Published

2020-10-18

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>