Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong terhadap tingkat kepuasan penumpang Banda Udara Warukin. Dalam penelitian yang akan dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang dijadikan objek penelitian sebanyak 39 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data penelitian menggunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis uji parsial (t) dan uji simultan (F).


Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan penumpang di Bandar Udara Warukin Tanjung pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong. Besar pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan penumpang di Bandar Udara Warukin Tanjung pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong adalah sebesar 81,70%.


Kata Kunci : Pengaruh, Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepuasan Penumpang, Bandar Udara Warukin