Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pelayanan pembuatan surat keterangan domisili usaha dilihat dari aspek Responsiveness pada Kantor Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur, 2) Faktor-faktor yang menghambat pelayanan  pembuatan surat keterangan domisili usaha dilihat dari aspek Responsiveness pada Kantor Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur.


Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data melalui proses Angket (Kuesioner) disertai dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah mengambil sampel dari masyarakat yang membuat surat keterangan domisili usaha diambil secara acak sebanyak 33 responden. Setelah data terkumpul dan di analisa dengan teknik analisa data sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh Muhammad Ali (1985:155).


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan pembuatan surat keterangan domisili usaha dilihat dari aspek Responsiveness pada Kantor Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur dapat dikategorikan “Responsiveness”. Faktor-faktor yang menghambat kualitas pelayanan pembuatan surat keterangan domisili usaha dilihat dari aspek Responsiveness pada Kantor Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan faktor Pendukung Sistem.


Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Surat Keterangan Domisili Usaha.