IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERMENDAGRI NOMOR 2 TAHUN 2017 TENTANG STANDAR PELAYANAN MINIMAL DESA (Studi Kasus Di Kantor Desa Tanta Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong)

Authors

  • Salamah Salamah Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

implementasi, kebijakan, standar, pelayanan, desa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Implementasi Kebijakan  Permendagri Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Standar Pelayanan Minimal Desa di Desa Tanta Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana analisis data pada penelitian kualitatif dilakukan selama dan setelah pengumpulan data dengan menggunakan teknik analisis tema (objek penelitian) yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman (2014:14). Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1) Wawancara, 2) Observasi dan 3) Dokumentasi. Instrumen utama yaitu wawancara kepada 11 orang informan yang mana metode yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah purposive sampling yaitu sampel yang dipilih berdasarkan pertimbangan atau penelitian subyektif dari penelitian untuk pembuatan hasil dalam pembahasan.Teknik analisa data mrnggunakan 1) Reduksi data, 2) Penyjian data, dn 3) Verifikasi data. Hasil penelitian tentang Implementasi Kebijakan Permendagri Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Standar Pelayanan  Minimal Desa (Studi Kasus Di Desa Tanta Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong sudah terimplementasi namun belum sesuai dengan SPM yang ada.

Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan,  Standar Pelayanan Minimal Desa

References

Daftar Pustaka
Agustino. (2008). Model Implementasi Kebijakan. Bandung: Alfabeta.
Dosen. (2019/2020). Pedoman Penulisan Skripsi. Tabalong: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong.
Dunn, W. (2003). Pengantar Analisis Kebjjakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Miles, Mathew B., Huberman, A. M. (2014). Analisa Data Kualitatif. Jakarta: UL-Press.
III, G. E. (1980). Implementing Public Policy . Washington DC: Congresional Quarterly Press.
Kencana, S. I. dkk . (1999). Ilmu Administrasi Publik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Moleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pasolong, H. (2014). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Raco, J. (2010). Metode Pnelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Gramedia.
Suaedy, A. (2018). Desa Kontra Urbanisasi, Wajah Empat Pelayanan Publik Dasar. Jakarta: Umbudsman Republik Indonesia.
Sugiyonu. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
T, Y. K. (2004). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.
Solichin, Wahab, A. (2016). Analisa Kebijakan Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan. Jakarta : Bumi Aksara.
Winarno, B. (2012). Kebijakan Publik : Teori, Proses dan Studi Kasus. Yogyakarta: Caps.Indonesia,
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2017 tentang Standar Pelayanan Minimal Desa.

Published

2020-10-15

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>