Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas pelayanan masyarakat dilihat dari aspek tangible (berwujud) dalam rangka meningkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada kantor desa Muara Langon Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser


Jenis penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat yang melakukan pelayanan di kantor desa Muara Langon Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser dengan sampel sebanyak 30 orang responden. Teknik analisa data menggunakan rumus presentasi menurut Muhammad Ali (1984).


Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dilihat dari  aspek tangible  (berwujud) dalam rangka meningkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada kantor desa Muara Langon Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser dapat dikategorikan “Cukup Berkualitas”


Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Tangible dan Indeks Kepuasan Masyarakat