Abstract

Dinamika Kelompok berarti  sebagai suatu kelompok yang teratur dari dua individu atau lebih yang mempunyai hubungan psikologis secara jelas antara anggota yang satu dengan anggota yang lain; antar anggota kelompok yang mempunyai hubungan psikologis yang berlangsung dalam situasi yang dialami secara bersama-sama, Slamet Santosa (2004: 5). Tujuan Penelitian yaitu untuk mengetahui dinamika kelompok pada usaha anyaman purun yang dikaji berdasarkan unsur-unsur dinamika kelompok.


Metode penelitian menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur dengan key informan sebanyak 10 orang informan dari anggota kelompok anyaman purun. Teknik analisis data mengacu pada konsep Miles & Huberman yaitu Intrective Model dalam Sugiyono (2013;95) menyajikan data dalam penelitian kualitatif adalah dengan teks yang bersifat naratif.


Hasil wawancara dapat disimpulkan dinamika kelompok pada usaha anyaman purun yang dikaji berdasarkan 9 unsur dinamika kelompok yaitu tujuan kelompok, struktur kelompok, fungsi tugas, pembinaan dan pengembangan kelompok, kekompakan kelompok, suasana kelompok, tekanan kelompok dan maksud terselubung sudah terbina dan terlaksana dengan baik. Hasil penelitian mengenai dinamika kelompok dilihat dari unsur-unsur dinamika kelompok, dinamika kelompok pada usaha anyaman purun dikategorikan dinamis.


Kata Kunci: Dinamika Kelompok, Anyaman Purun