Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah No 14 Tahun 2017 di lihat dari aspek komunikasi pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong serta mengetahui dan menganalisis faktor yang menghambat  Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah No 14 Tahun 2017 dilihat dari aspek komunikasi pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong.


Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dari para responden yang sekaligus berperan sebagai Key informan   5 orang yaitu petugas TPS3R 3 orang, pengelolaan Bank sampah 1 orang dan kepala seksi pengelolaan sampah 1 orang. Analisis data  yang digunakan dalam penelitian ini  ialah menggunakan analisis data Miles dan Huberman (2014) adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan,  dan untuk kriteria pengukuran dalam menentukan menarik kesimpulan menurut Muhammad Ali (1985: 20).


Hasil Penelitian tentang  Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah No 14 Tahun 2017 Dilihat dari Aspek Komunikasi Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong dapat dikategorikan Terimplementasi,  hal ini dilakukan dengan pengukuran teori menurut Goerge C. Edward III Faktor komunikasi yang meliputi transmission (Penyampaian), Clarity (Kejelasan), dan Consistensy (konsistensi). Yang mana sesuai dengan hasil wawancara yang dilakukan meliputi Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2017  tentang pengelolaan sampah meliputi 3R   Reduce (Mengurangi sampah), Rauce (menggunakan kembali sisa sampah),  Recycle (mendaur ulang sampah).


Kata Kunci : Implementasi ,  Pengelolaan Sampah.