Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh program mobil keliling terhadap tingkat keberhasilan dalam menunjang tujuan yang diharapkan dan menganalisis Efektifitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Melalui Mobil Keliling Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) di Kabupaten Tabalong.


Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis dan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu yang dikemukakan oleh Sugiyono yaitu wawancara, dengan key informan sebanyak 5 (lima) orang, yaitu 1 (satu) orang Administrator Data Base (ADB), 1 (satu) orang Operator SIAK, dan 3 (tiga) orang Masyarakat yang pernah melakukan pengajuan permohonan pembuatan akta kelahiran melalui mobil keliling.


Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana (2014) yang menggunakan model analisis interaktif dengan 3 (tiga) prosedur yaitu, Kondensasi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya mobil keliling masyarakat merasa dimudahkan karena tidak perlu lagi mendatangi kantor dinas pencatatan sipil, tidak perlu lagi mangantri saat pembuatan akta kelahiran, adanya pelayanan dihari libur, serta cepatnya proses pembuatan akta kelahiran yang selesai dalam satu hari. Secara otomatis efektifitas pelayanan pembuatan akta kelahiran melalui mobil keliling berpengaruh sangat tinggi terhadap kepemilikan akta kelahiran.


Kata Kunci: Efektifitas, Akta Kelahiran, Mobil Keliling