Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas penerapan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Web di Kantor Urusan Agama Kecamatan Banua Lawas Kebupaten Tabalong.


Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yaitu untuk memecahkan dan menjawab permasalahan yang sedang di hadapi dengan menempuh langkah-langkah pengumpulan data klarifikasi dan membuat kesimpulan tentang suatu keadaan secara objektif dalam suatu deskriptif situasi (Muhammad Ali, 1982:120). Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan Angket/Kuesioner yang mana penarikan sampel menggunakan purposive sampling yaitu 30 orang responden dengan pengambilan secara acak. Sedangkan analisa data yang di gunakan adalah analisis tabulasi yaitu analisa dengan menggunakan data-data tabulasi yang merupakan data olahan dari hasil penelitian yang dimasukan kedalam tabel dengan menggunakan rumus frekuensi yang dikemukakan oleh Muhammad Ali (1998:184).


Hasil penelitian tentang Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Web di Kantor Urusan Agama Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong dapat disimpulkan sudah efektif. Hal ini dapat dilihat dari rekapitulasi dengan hasil presentasi 47,1%.


Kata Kunci: Efektivitas, SIMKAH