EFEKTIVITAS MOBIL KELILING DALAM RANGKA PEMUNGUTAN PAJAK BUMI BANGUNAN PERDESAAN PERKOTAAN (PBB-P2) DI KABUPATEN TABALONGPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari sebuah layanan mobil keliling dalam memberikan pelayanan pajak bumi dan b

Authors

  • Erna Ekawati Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Wahyu Subadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

efektivitas, layanan, mobil keliling, PBB, PBB-P2, Tabalong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari sebuah layanan mobil keliling dalam memberikan pelayanan pajak bumi dan bangunan perdesaan perkotaan dalam kurung watu satu tahun. Serta ingin memberikan gambaran bagaimana bentuk pelayanan dalam pemungutan pajak bumi dan bangunan itu sendiri berjalan dengan semestinya.

Penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskripstif adapun yang menjadi tolak ukur partisipasi dalam efektivitas pemungutan PBB-P2 yaitu terdiri dari pihak Kantor Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Tabalong yaitu sebanyak 2 orang serta pihak masyarakat 3 orang. Dengan  menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara dan Analisis data.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan prosedur sudah berjalan baik.  Jika di lihat dari teori Pasolong (2010) terdapat beberapa faktor antara lain: 1. Kemampuan 2. Kemauan 3. Energy 4. Teknologi 5. Kompensasi 6. Kejelasan tujuan dan 7. Keamanan namun terdapat juga kendala yang didapati peneliti antara lain: 1. Ada beberapa masyarakat yang tidak mengikuti persyaratan 2. Jadwal mobil keliling yang kurang terinformasi ke pada masyarakat 3. Mungkin perlu lagi di tingkatkan kembali dalam memberikan layanan

Kata kunci : Efektivitas Layanan Mobil Keliling, PBB-P2, Kabupaten Tabalong

References

DAFTAR PUSTAKA
Anoraga, A. (2014). Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Melalui Program Drive Thru (Studi Pada Dinas Pendapatan Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Publikasi Administrasi Publik, 5(3), 122.
Ayan, J. E. (2002). Bengkel Kreativitas, 10 Cara Menemukan Ide-Ide Pamungkas. Bandung: Kaifah.
Cahyo, B. T. (1983). Ekonomi Pertanahan. Yogyakarta: Liberty.
Dwiyanto, A. (2011). Mengembalikan Kepercayaan Publik Melalui Reformasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Effendy, O. U. (2008). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Gibson, D. I. (1997). Organisasi dan Manajemen, Perilaku Stuktur. Jakarta: Erlangga.
Hani, H. (2006). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi.
Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Husnia, F. N. (2016). Analisis Penerapan Elektronik Pajak Bumi Dan Bangunan (E-Pbb) (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Lamongan. Jurnal Publikasi Administrasi Negara, 8(2), 98.
Jerry, G. F., & dkk. (1981). Fundamentals of System Analysis. New York: John Willey & Sons.
Katsama, Z. (2008). Kualitas Pelayanan Konsumen. Jakarta: Balai.
Kurniawan, A. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.
Labantu, H. (2013). Analisis Prosedur Pemungutan PBB Sektor Perdesaan dan Perkotaan Kabupaten Minahasa di KPP Pratama Bitung. Jurnal Publikasi Administrasi Publik, 8(2), 67.
Maeyasari, E. (2012). Pengaruh Efektivitas Penerapan Absensi Finger Print terhadap. Disiplin Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak. Jurnal Publikasi Ilmu Sosial dan Politik, 7(2), 33.
Moenir. (2008). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Muasaroh, L. (2010). Aspek – Aspek Efektivitas. Yogyakarta: Literatur Buku.
Nisa, H. (2016). Studi tentang Pelaksanaan Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda. Jurnal Publikasi Administrasi Publik, 4(3), 56.
Ratminto, & Winarsih, A. S. (2006). Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Robbins, S. P. (2002). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Septantina, R. A. (2013). Strategi Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Kapatuhan Wajib Pajak (Studi Deskriptif Tentang Strategi Pelayanan Pembayaran PBB Keliling Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak PBB pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan UPTD 6 Surabaya). Jurnal Publikasi Administrasi Publik, 4(2), 22.
Sinambela, L. P. (2011). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sondang P, S. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia (Pertama ed.). Jakarta: Binapura Aksara.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2020-10-15

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>