PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DESA PAMARANGAN KIWA KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Syahrul Falah Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Wahyu Subadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Yuzan Noor Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kualitas pelayanan, kepuasan masyarakat, kepuasan, masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di Desa Pamarangan Kiwa Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Pelayanan publik merupakan salah satu tugas penting yang tidak dapat diabaikan oleh pemerintah daerah, sebab jika komponen pelayanan terjadi stagnasi maka hampir dipastikan semua sektor akan berdampak kemacetan, oleh sebab itu perlu ada perencanaan yang baik dan bahkan perlu diformulasikan standar pelayanan pada masyarakat sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh pemerintah pusat pada pemerintah daerah.

Pada konteks negara modern, pelayanan publik telah menjadi lembaga dan profesi yang semakin penting. Ia tidak lagi merupakan aktivitas sambilan, tanpa payung hukum, gaji dan jaminan sosial yang memadai, sebagaimana terjadi di Indonesia sekarang ini. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner yang merupakan instrument utama untuk mengumpulkan data, dan observasi digunakan untuk mendukung dan melengkapi hasil kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan penulis kuantitatif, yaitu analisis yang digunakan unutk menguji adalah teknis data hubungan pengaruh variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y), yaituu dengan menggunakan alat analisis Generalized Structured Component Analysis (GSCA) adalah metode bara Structural Equation Modeling (SEM) berbasis komponen, sangat penting dapat digunakan terapkan perhitungan skor (bukan skala) dan juga dapat diterapkan pada sampel yang sangat kecil.

Hasil penelitian pengujian analisis GSCA menunjukan bahwa pertama, Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat dengan nilai critical ratio sebesar 23.88. Kedua, besarnya pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat adalah sebesar 58.9%, sisanya sebesar 41,1% di pengaruhi oleh faktor lainnya.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

References

DAFTAR PUSTAKA
Andy fefta wijaya. Oscar radyan danar. 2014. manajemen publik teori dan praktik. Malang: UB press
Alfiansyahrin Muhammad. 2018. Peningkatan kualitas pelayanan public di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.
E.widijo hari murdoko. 2007. Great customer service melayani dari hati. PT Elex media komputidndo kelompok gramedia. Jakarta
Lukman Hakim. 2017. Pengantar ilmu administrassi pemerintahan. Malang: UB Press
Siti Rochmah. 2013. kebijakan pelayanan (studi pada pelayanan air bersih). Malang: UB Press
Jamaludin Ahmad. 2015 Metode penelitian administrasi publik teori dan aplikasi. Yogyakarta: Gava Media.
Dwiyanto Agus. 2017. Mewujudkan Good Governance Melalui Palayanan Publik. Yogyakarta : UGM Press
Pasolong , Harbani 2012 metode penelitian administrasi publik.Bandung : CV. Alfabeta.
Agus lay. 2006. manajemen pelayanan pengantar dan lokakarya. Yogyakarta: Andi Offset
Sugiono ,2009 Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D.bandung : CV. Alfabeta
Andrianto wahyu eka pratama. 2014. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap Kepuasan masyarakat: naskah publikasi: 1-17
Milasari Risti. 2018. Kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas Kecamatan Tanta Kabuupten Tabalong: proposal Skripsi 1-39
Nunuk Harianti, Taher Alhabsy, Soekarto. 2014. pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan publik di kantor radio republik indonesia, malang: JKMP (ISSN. 2338-445X), Vol. 2, No. 1: 1-14
Linda nur susila. 2010. Analisis pengaruh kualitas pelayanan kantor kelurahan terhadap kepuasan masyarakat kelurahan jagalan kecamatan jebres kota surakarta: Journal of Rural and Development: 63-71
Widya arum vellayati. 2018. Pengaruh kualitas pelayanan publik dan disiplin kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat di kantor balai desa rowosari kecamatan ulujami kabupaten pemalang: Skripsi: 1-175
Bagus ashari putra. 2013. pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap tingkat kepuasan pasien pada puskesmas di pemerintah daerah boyolali: Naskah Publikasi: 1-16
Ase satria Faktor Pengahambat Pelayanan Administrasi Negara, http://www.materibelajar.id/2016/03/faktor-penghambat-pelayanan-publik.html. Di akses pada tanggal 11 April 2019
Esasafiani. Teori administrasi publik, http://kuliahadministrasinegara69.blogspot.com/2015/09/teori-administrasi-publik.html. Di akses pada tanggal 11 April 2019
Luoman. Teori kepuasan masyarakat. http://solusinegara.blogspot.com/2016/11/indeks-kepuasan-masyarakat.html. Di akses pada tanggal 23 Juni 2019
Unila. Teori Kepuasan. http://digilib.unila.ac.id/11014/3/BAB%20II.pdf. Di akses pada tanggal 11 April 2019

Published

2020-10-06

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>