Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di Desa Pamarangan Kiwa Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Pelayanan publik merupakan salah satu tugas penting yang tidak dapat diabaikan oleh pemerintah daerah, sebab jika komponen pelayanan terjadi stagnasi maka hampir dipastikan semua sektor akan berdampak kemacetan, oleh sebab itu perlu ada perencanaan yang baik dan bahkan perlu diformulasikan standar pelayanan pada masyarakat sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh pemerintah pusat pada pemerintah daerah.


Pada konteks negara modern, pelayanan publik telah menjadi lembaga dan profesi yang semakin penting. Ia tidak lagi merupakan aktivitas sambilan, tanpa payung hukum, gaji dan jaminan sosial yang memadai, sebagaimana terjadi di Indonesia sekarang ini. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner yang merupakan instrument utama untuk mengumpulkan data, dan observasi digunakan untuk mendukung dan melengkapi hasil kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan penulis kuantitatif, yaitu analisis yang digunakan unutk menguji adalah teknis data hubungan pengaruh variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y), yaituu dengan menggunakan alat analisis Generalized Structured Component Analysis (GSCA) adalah metode bara Structural Equation Modeling (SEM) berbasis komponen, sangat penting dapat digunakan terapkan perhitungan skor (bukan skala) dan juga dapat diterapkan pada sampel yang sangat kecil.


Hasil penelitian pengujian analisis GSCA menunjukan bahwa pertama, Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat dengan nilai critical ratio sebesar 23.88. Kedua, besarnya pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat adalah sebesar 58.9%, sisanya sebesar 41,1% di pengaruhi oleh faktor lainnya.


Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat