Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas Program Wajib Belajar Sembilan Tahun pada kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong dan apa saja faktor penghambatnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan wawancara kepada beberapa pegawai yang bekerja dibagian Program Wajib Belajar Sembilan Tahun di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong.


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas Program Wajib Belajar Sembilan Tahun pada kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong sudah efektif. Faktor penghambat efektivitas program wajib belajar sembilan tahun di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong antara lain yaitu, (1) Tidak jelas tujuan dan sasaran organisasi, (2) Insfrastruktur organisasi yang tidak strategis, (3) Kurangnnya dana untuk mendukung berbagai program kerja, (4) Karyawan tidak kompak, (5) Lemahnya Pemimpin dimana Kepemimpinan yang sering berganti atau dimutasi.


Kata Kunci : Efektivitas, Program Wajib Belajar Sembilan Tahun