Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis Peran Karang Taruna dalam Pemberdayaan Generasi Muda di Desa Kinarum Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong.


Metode penelitian yang dipakai adalah pendekatan deskriptif dengan teknik kualitatif dimana pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket. sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang, dengan Teknik penarikan data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan presentase (%) dan kemudian data diperoleh dari responden dianalisis atau diolah deskriptif kualitatif.


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Karang Taruna dalam Pemberdayaan Generasi Muda di Desa Kinarum Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong dapat dilihat dari rekapitulasi akhir Peran Karang Taruna dalam Pemberdayaan generasi muda di Desa Kinarum diperoleh hasil 26,25% atau 63 responden menjawab sangat berperan, 67,08% atau 161 responden menjawab berperan, 6,67% atau 16 responden menjawab kurang berperan, 0,00% responden yang menyatakan tidak berperan. Dari rekapitulasi akhir jawaban responden yang paling dominan terlihat bahwa 67,0% atau 161 responden menjawab berperan


Kata Kunci : Peran Karang Taruna, Pemberdayaan