Abstract

Evaluasi ialah merupakan bagian dari sistem manajemen yaitu perencanaan, organisasi, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Evaluasi sebagai sebuah proses menetukan hasil yang telah dicapai beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan.


Masalah dalam penelitian ini adalah Evaluasi pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) pada aspek perencanaan dibidang pendidikan di Desa Warukin Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, sedangkan Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam aspek perencanaan dibidang pendidikan di Desa Warukin Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga tahap : 1)observasi: 2) Wawancara ( interview) ; 3) Dokumentasi. Sumber data atau key informan dalam penelitian ini 8 orang.


Hasil penelitian ini menunnjukkan bahwa Evaluasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) bidang Pendidikan Di Desa Warukin Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong ini sudah sesuai hal ini dibuktikan dengan menurunnya angka kemiskinan dari program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat.  


Kata kunci : Evaluasi, PKH, Pendidikan, Perencanaan