Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah  Untuk mengetahui dan menganalisis Peran Kepala Desa sebagai Motivator untuk meningkatkan masyarakat  dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Masukau Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. serta untuk mengetahui dan Menganalisis Faktor-faktor yang menghambat Peran Kepala Desa sebagai Motivator untuk Meningkatkan masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan yaitu  Perkembangan Ilmu  Pengetahuan dan Taknologi yang lambat  dan Sikap masyarakat yang masih tradisional.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif dengan teknik kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Wawancara merupakan intrumen utama yaitu dengan informan kunci seperti Kepala Desa, Kasi Pemerintahan, dan Tokoh Masyarakat.


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Kepala Desa sebagai Motivator untuk meningkatkan Masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Masukau Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong Belum Berperan hal ini dilihat dari indikator Membina, Memberi pengaruh dan Memberi Dorongan Semangat.


Kata Kunci : Peran Motivator Kepala Desa, Masyarakat, PBB.