Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan   Pembuatan   Surat   Izin Mengemudi (SIM) C di Polres Hulu Sungai Utara Serta  Faktor – Faktor Apa saja yang mempengaruhi Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C di Polres Hulu Sungai Utara.


Penelitian ini menjelaskan tentang beberapa indikator yang digunakan untuk mengukur Kualitas Pelayanan menurut Tjiptono (1995) dalam Hardiansyah (2011:41) yaitu 1. Ketepatan Waktu 2. Akurasi Pelayanan  3. Kesopanan 4. Kemudahan 5. Kenyamanan 6. Atribut Pendukung.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan Kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam melakukan  pengumpulan data yaitu angket,observasi,wawancara dan dokumentasi.


Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Keramahan petugas dalam menjalankan pelayanan sudah berjalan dengan baik dan   berkualitas pelayanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) C di Polres Hulu Sungai Utara  berkualitas,  Melihat dari kesimpulan diatas, saran yang dapat disampaikan penulis yaitu: untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Polres Hulu Sungai Utara maka perlu peningkatan secara Maksimal antara lain,waktu tunggu agar pelayanan berjalan cepat dan tidak menunggu lama,waktu Proses Pelayanan agar petugas semaksimal mungkin untuk mempercepat pelayanan dengan inovasi – inovasi yang dimiliki, Penambahan Atribut pendukung pelayanan dan ketersediaan Informasi sehingga memudahkan masyarakat yang harus di layani.


Katakunci : Kualitas Pelayanan ; SIM ; POLRI