KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN DILIHAT DARI ASPEK TANGIBLE PADA KANTOR KEPOLISIAN POLSEK MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Sudirun Sudirun Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Heni Suparti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kualitas, pelayanan, SKCK, Tangible

Abstract

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia pasal   13 Nomor 2 tahun 2002 salah satu tugas pokok Kepolisian yaitu memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. salah satunya yaitu pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian Dilihat Dari Aspek Tangible Pada Kantor Kepolisian Polsek Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu petugas kepolisian yang menangani layanan SKCK serta masyarakat pegguna jasa layanan SKCK. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik pemberian angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan pemeriksaan akan kelengkapan jawaban, tally dan penghitungan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan SKCK sudah berjalan dengan cukup baik serta dapat dengan mudah diterima masyarakat. Dengan demikian, dengan menggunakan teori Parasuraman, Berry dan Zeithaml (Satibi, 2012:80) yaitu kualitas layanan dilihat dari aspek Tangible yang meliputi 7 indikator yaitu penampilan petugas/aparatur dalam melayani pelanggan, kenyamanan tempat melakukan pelayanan, kemudahan dalam proses pelayanan, kedisiplinan petugas/aparatur dalam melakukan pelayanan, kemudahan akses pelanggan dalam permohonan pelayanan, penggunaan alat bantu dalam pelayanan dan fasilitas pelayanan yang disediakan sudah memenuhi kriteria yang diinginkan yaitu berjalan dengan cukup baik dengan persentase sebesar 47.09%.

Kata kunci: Kualitas, Pelayanan, SKCK, Aspek Tangible.

References

DAFTAR PUSTAKA
A. Parasuraman, Valarie A. Zeithaml dan Leonard L. Berry. (1985). A Multiple-Item Scale for Measuring Costumer Perceptions of Service Quality, Journal ofRetaling, vol. 64 No, 1, pp. 12-40.
Adi Damayanti. Kualitas Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Di Kantor Satuan Intelkam Kepolisian Wilayah Kota Besar Surabaya. Skripsi Jurusan Administrasi Publik Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Tahun 2007
Dwiyanto, Agus. (2008). Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Efrendi. Kualitas Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Di Polisi Sektor Cibeunying Kidul Kota Bandung. Skripsi Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan. Tahun 2018.
Evi Wahyuni. Kualitas Pelayanan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Kesatuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Sidoarjo. Skripsi Jurusan Administrasi Negara Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Tahun 2007.
Firsada, Siti Rochmah, Stefanus Pani Rengu. Penerapan Sistem Administrasi MAnunggal, Satu Atap (SAMSAT) Drive-Thru Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 4 Hal. 48-57.
Gronroos, C. (1990). Service Management and Marketing: Managing the Moment of Truth in Service Competition. Massachusetts: Lexington.
Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Ni Kadek Sri Astuti. Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur Dalam Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Kehilangan Pada Kepolisian Sektor DI Kota Makassar. Skripsi Program Studi Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar. Tahun 2017.
Pasolong, Harbani. (2010). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
_______________. (2012). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Siagian, Sondang P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sinambela. (2005). Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan dan Implementasi). Jakarta: Bumi Aksara.
Suprapto, J. (2002). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan: Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Tjiptono, Fandi. (2007. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Undang-Undang Kepolisian Negara RI Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Apartur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggara Pelayanan Publik

Published

2020-10-05

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>