Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui dan menganalisis  Implementasi Program Keluarga Harapan Pada Aspek Sumberdaya Dalam Bidang Pendidikan, 2) untuk mengetahui dan menganalisis faktor apasajakah yang menjadi penghambat dalam Implementasi Program Keluarga Harapan Pada Aspek Sumberdaya Dalam Bidang Pendidikan.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  deskriptif-kualitatif tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, dokomentasi, dan kuisioner atau angket. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Sampel yang di ambil 30 orang. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan presentase(%) dan kemudian data diperoleh dari responden di analisis atau di olah deskriptif kualitatif.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program Keluarga Harapan Pada Aspek Sumberdaya Dalam Bidang Pendidikan Di Desa Bahungin Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong  dengan hasil Cukup Baik dengan persentase 46,04% sedangkan faktor penghambat implementasi program keluarga harapan pada aspek sumberdaya dalam bidang pendidikan ada pada isi kebijakan dan informasi.


Kata Kunci : Implementasi, Program Keluarga Harapan, Sumberdaya,     Pendidikan.