Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk meneliti akuntabilitas Alokasi Dana Desa (ADD) pada Desa Tangkan , Kecamatan Awang, Kabupaten Barito Timur 2)Untuk mengetahui fakor penghambat kendala akuntabilitas Alokasi Dana Desa Pada Desa Tangkan , Kecamatan Awang, Kabupaten Barito Timur


Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Wawancara merupakan instrument utama yaitu dengan informan kunci seperti Kepala Desa, Ketua BPD, Pengurus Posyandu dan PKK dan Masyarakat untuk pembuatan hasil dalam pembahasan.


Hasil penelitian menunjukan bahwa dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan untuk pengelolaan ADD pada Desa Tangkan sudah akuntabel, dari Akuntabilitas untuk Posyandu dan PKK masih belum akuntabel dan sangat diperlukan bimbingan dari aparat desa dalam penyusunan pelaporan agar dari pihak Posyandu dan PKK tertib dan disiplin dalam pelaporan dan tepat waktu dalam pengumpulan pelaporan. Faktor penghambat yaitu kurangnya kemampuan sumber daya untuk melakukan pekerjaan yang dibebankan kepadanya, hal ini dapat dilihat dari kurangnya kemampuan dari PKK dan Posyandu yang masih kurang dalam membuat pertanggung jawaban pelaporan.


Kata kunci : Pengelolaan, Alokasi Dana Desa, dan Akuntabilitas