Abstract

Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana Peran Kepala Desa dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan Desa Kampung Baru Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong.


Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif dengan teknik kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data melalui angket, dengan jumlah responden 30 orang. Teknil pengambilan sampel Tabulasi adalah proses menempatkan atau meletakkan data dalam bentuk tabel atau grafik tertentu dengan cara membuat tabel yang berisikan data sesuai dengan kebutuhan analisis, tabel yang dibuat sebaiknya mampu meringkas semua data yang akan dianalisis, sehingga dapat dihitung jumlah kasus dalam berbagai kategori. Teknik analisa yang digunakan menurut pendapat Muhammad Ali (1998:184).


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Kepala Desa dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan Desa Kampung Baru Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong dapat disimpulkan dari tiga indikator. Motifator, Fasilitator, dan Mobilisator. Dari hasil tabulasi angket peran sebagai motivator tersebut terlihat 58.88% dari jumlah presentase jawaban responden dengan hasil Cukup Berperan, Dari hasil tabulasi angket peran sebagai Fasilitator tersebut terlihat 61.11% dari jumlah presentase jawaban responden dengan hasil Cukup Berperan. Dari hasil tabulasi angket peran sebagai Mobilisator tersebut terlihat 52.% dari jumlah presentase jawaban responden dengan nilai Cukup Berperan.


Kata kunci: Peran Kepala Desa, Pembangunan Infrastruktur