IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DILIHAT DARI ASPEK SUMBER DAYA (Studi Kasus Di Desa Mangkusip Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong)

Authors

  • Rizki Fitria Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Muhammad Noor Ifansyah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Muhammad Yandi Firdaus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

implementasi, kebijakan, sumber daya, PKH, program keluarga harapan

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih terdapat Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang sudah dikatakan mandiri tetapi masih menerima bantuan Program Keluarga Harapan, namun Rumah Tangga yang harusnya menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) belum terdaftar sebagai peserta penerima PKH. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Teori Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) dilihat dari aspek sumber daya. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenuh sampling, yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 30 responden penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Mangkusip Kecamatan Tanta. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah Kuesioner (Angket). Muhammad Ali digunakan untuk analisis data penelitian.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) dilihat dari aspek sumber daya diperoleh hasil Cukup Baik dengan persentasi 53,3 %.

Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Sumber Daya, Program Keluarga Harapan (PKH).

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Wahab, Solichin. (2005). Analisa Kebijakan Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta : Bumi Aksara.
Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
A.G. Subarsono, (2004). Analisa Kebijakan Publik, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Martono, Nanang. (2015). Metode Penelitian Sosial (Konsep-Konsep Kunci). Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Pasolong, Harbani. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta.
Pasolong, Harbani. (2016). Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta.
Ruliana, Poppy. (2016). Komunikasi Organisasi. Jakarta : RajaGrafindo Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi (Dilengkapi dengan METODE R&D). Bandung : Alfabeta.
Widodo. (2010). Implementasi Kebijakan.Bandung : CV Pustaka Pelajar.
B.S.Tlonaen, Yudid, dkk. (2014). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin : Jurnal Administrasi Publik (JAP).
Dheby, Clara, dkk. (2017). Implementasi Program Keluarga Harapan Di Kecamatan Tamalate Kota Makassar : Jurnal Administrasi Publik (JAP)
Utomo, Dedy, dkk. (2013). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Rumah Tangga Miskin (RTM) : Jurnal Administrasi Publik (JAP).
Laluhang, Sri Masita. 2015. Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Rangka Penanggulangan Kemiskinan Di Desa Kendahe II Kecamatan Kendahe.Sangihe : Jurnal Administrasi Publik (JAP).
Suwinta, Antriya Eka & Indah, Prabawati. (2015). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Maron Kecamatan
Kademangan.Blitar : Jurnal Administrasi Publik (JAP).
Yuliana, Sri (2011). Model-model Implementasi Kebijakan. . http://sriyuliani.staff.fisip.uns.ac.id/ wpcontent/uploads/sites/10/2011/05/MODEL-IMPLEMENTASI-BLOG.pdf. Download pada 25 April 2018.

Published

2020-10-05

Issue

Section

Articles