Abstract

Fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Mengawasi Kinerja Kepala Desa Di Desa Sungai Buluh dalam menjalankan fungsinya dapat sesuai dengan acuan yang ada dalam Permendagri yang berlaku serta dapat memenuhi indikator pengawasan yang digunakan dengan monitoring dan Evaluasi .


Tujuan Penelitian adalah untuk meneganalisis adalah untuk mengetahui fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam mengawasi kinerja Kepala Desa di Desa Sungai Buluh Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong.


Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Lokasi penelitian di Desa Sungai Buluh  Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pemilihan informen menggunakan key informan. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara dilokasi penelitian yaitu Desa Sungai Buluh Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong tentang Fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Mengawasi Kinerja Kepala Desa diperoleh kesimpulan bahwa Badan Permusyawaratan Desa dalam melaksanakan fungsi pengawasannya sudah dilaksankaan dengan baik.


Kata kunci: Fungsi  Badan Permusyawaratan Desa, Pengawasan dan Kinerja